Sukses

Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot di Usia 40

Menjaga kesehatan tulang dan otot merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Bagaimana cara menjaga kesehatan tulang dan otot di usia 40 tahun? Berikut info medis dari dr. Irma Rismayanty.

Mejaga kesehatan tulang dan otot merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan, khususnya jika usia Anda sudah menginjak 40 tahun. Pasalnya, seiring dengan bertambahnya usia, pengeroposan tulang juga kian mengintai Anda.

Pengeroposan tulang dapat menyebabkan terjadinya osteoporosis, atau keadaan dimana tulang menjadi sangat tipis dan mudah sekali untuk terjadi patah tulang atau deformitas.

Apa saja yang sebaiknya dilakukan agar kesehatan tulang dapat tetap terjaga dengan baik saat usia 40 tahun? Berikut tips yang dapat Anda lakukan:

  • Diet sehat

Diet sehat dapat dilakukan dengan mengonsumsi asupan makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D di dalamnya. Selain itu, makanan yang Anda konsumsi sebaiknya bervariasi setiap harinya agar kebutuhan mineral juga dapat diperoleh secara seimbang guna menjaga kesehatan tulang Anda.

  • Sumber kalsium yang baik ada di dalam produk susu, salmon, brokoli, dan produk kedelai.
  • Sumber vitamin D yang baik berasal dari minyak ikan, tuna dan sarden, kuning telur, dan susu. Selain itu, sinar matahari juga berkontribusi terhadap produksi vitamin D di dalam tubuh.
  • Konsumsi suplemen

Jika dalam memilih menu makanan Anda sulit untuk menentukan variasi yang pas, seperti tidak menyukai susu ataupun produk olahannya, Anda tidak bisa mendapatkan asupan kalsium yang pas dari makanan. Jika Anda mengalami kondisi seperti ini, Anda dapat mengonsumsi suplemen kalsium ataupun suplemen vitamin D agar kebutuhan kalsium dan vitamin D Anda terpenuhi agar kesehatan tulang Anda tetap terjaga.

  • Olahraga teratur

Tips menjaga kesehatan tulang di usia 40 tahun, selain mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium,  adalah dengan melakukan olahraga dengan teratur. Porsi olahraga yang teratur akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat dan lebih segar, serta dapat memperlancar sistem peredaran darah dan menjaga tulang tetap kuat.

Oleh karena itu, pilihlah olahraga yang Anda sukai, misalnya dengan berjalan selama 20-30 menit per hari dan olahraga lain seperti jogging ataupun tenis, dan janganlah melakukan olahraga yang terlalu berat.

  • Tidak merokok dan tidak mengonsumsi alkohol

Dengan tidak merokok dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol akan menjaga tulang Anda di usia 40 tahun agar tidak mudah keropos dan kesehatan tulang tetap terjaga.

  • Terpapar sinar matahari pagi

Dengan terpapar sinar matahari pagi, maka akan sangat baik untuk menunjang kesehatan tulang yang Anda miliki.

  • Hindari konsumsi obat-obatan tertentu

Hindari untuk mengonsumsi obat-obatan yang memberikan efek jangka panjang, seperti kortikosteroid, karena akan menyebabkan kerusakan pada tulang.

0 Komentar

Belum ada komentar