Sukses

Seberapa Penting Kalsium untuk Tubuh?

Kalsium merupakan kebutuhan penting bagi tubuh setiap orang. Seberapa penting kalsium untuk tubuh? Berikut ulasan medisnya.

Kalsium merupakan mikronutrien yang penting untuk tubuh kita, terutama untuk kesehatan tulang. Kalsium terbaik didapatkan dari makanan. Namun, jika Anda tidak terlalu yakin dengan jumlah asupan kalsium yang berasal dari makanan yang Anda konsumsi, Anda dapat memperoleh kalsium tersebut dari suplemen kalsium.

Tubuh kita tidak dapat memproduksi kalsium. Oleh karena itu, Anda dapat memperoleh kalsium tersebut dari sumber makanan, seperti dairy product, sayuran hijau tua, ikan ataupun suplemen kalsium.

Asupan kalsium yang lebih tinggi sangatlah dibutuhkan, terutama pada masa kanak-kanak, wanita yang sedang hamil ataupun menyusui.

Apa sajakah manfaat kalsium untuk tubuh?

  • Tubuh kita memerlukan kalsium untuk membangun dan menjaga kekuatan tulang.

  • Selain organ tulang, kalsium diperlukan untuk metabolisme tubuh, kerja jantung, pergerakan otot dan saraf yang ada di dalam tubuh kita.

  • Kalsium merupakan zat pembentuk gigi dan tulang, dan merupakan sumber yang penting  bagi pertumbuhan tulang baru, serta menjaga kekuatan tulang.

  • Kalsium dapat mencegah atau mengontrol tekanan darah tinggi

  • Menyeimbangkan tingkat keasaman darah

  • Kalsium menjaga keseimbangan cairan tubuh

  • Mencegah osteoporosis (keropos tulang)

  • Kalsium juga dapat mengurangi gejala PMS (pramenstruasi).

  • Kalsium dengan vitamin D dapat membantu melindungi tubuh terhadap kanker payudara pada wanita premenopause.

  • Meminimalkan penyusutan tulang selama hamil dan menyusui

Setelah usia 20 tahun, tubuh manusia akan mulai mengalami kekurangan kalsium sebanyak 1% per tahun. Dan setelah umur 50 tahun, jumlah kandungan kalsium dalam tubuh akan menyusut sebanyak 30%. Ketika usia mencapai 70 tahun, kehilangan kalsium akan mencapai 50%. Begitu juga seterusnya, tubuh manusia akan terus-menerus kehilangan kalsium.

Jika kita tidak mendapatkan jumlah kalsium yang cukup, maka dapat terjadi osteoporosis di kemudian hari. Hal tersebut disebabkan karena jumlah kalsium yang kurang dapat menyebabkan penurunan masa tulang. Selain itu, apabila kekurangan kalsium terjadi pada anak-anak maka anak yang kekurangan kalsium tersebut tidak akan mencapai tinggi potensialnya.

Untuk dapat menyerap kalsium, tubuh Anda memerlukan vitamin D. Sebagian kecil vitamin D dapat ditemukan pada ikan salmon dan kuning telur, namun sumber terbesar vitamin D berasal dari paparan sinar matahari.

0 Komentar

Belum ada komentar