Sukses

Penyakit Karena Kekurangan Vitamin D

Kekurangan vitamin D merupakan awal dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan tulang dan penyakit lainnya. Kenali jenis penyakit karena kekurangan vitamin D oleh dr. Irma Rismayanty berikut.

Vitamin D berperan penting pada kesehatan tulang, karena vitamin D membantu penyerapan kalsium dalam makanan. Kekurangan vitamin D selalu dihubungkan dengan penyakit rakitis, osteoporosis, dan juga osteomalasia.

Nyeri tulang dan otot lemah dapat saja menjadi gejala yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin D. Jika Anda tidak suka mengonsumsi ikan, kuning telur, keju, susu dan hati sapi, atau Anda adalah seorang vegetarian, bisa saja Anda kekurangan vitamin D.

Selain itu, apabila Anda jarang terpapar sinar matahari juga dapat menyebabkan tubuh Anda kekurangan vitamin D.

Cara yang paling akurat untuk mengetahui berapa banyak kadar vitamin D dalam darah adalah dengan melakukan tes darah 25-hydroxy vitamin D. Jika hasil tes tersebut menunjukan hasil antara 20-50 nanogram/mililiter maka Anda dikatakan sehat. Namun, jika hasil tes darah Anda dibawah dari 12 nanogram/milliliter maka Anda termasuk kekurangan vitamin D.

Beberapa penyakit yang terjadi akibat kekurangan vitamin D, yakni:

  • Kekurangan vitamin D sebabkan Rakitis

Rakitis adalah suatu penyakit dimana terjadi pelunakan tulang pada anak-anak yang disebabkan karena kekurangan atau gangguan metabolisme vitamin D, magnesium, fosfor atau kalsium yang berpotensi menyebabkan patah tulang dan kelainan bentuk. Gejala yang ditimbulkan, misalnya pembengkokan tungkai, nyeri pada tulang, postur tubuh pendek bahkan bisa terjadi gangguan pada pernapasan.

  • Kekurangan vitamin D sebabkan Osteomalasia

Osteomalasia Adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi seperti rakitis, namun terjadi pada orang dewasa. Osteomalasia merupakan kelainan pada tulang yang menyebabkan tulang menjadi lunak dan rapuh sehingga mudah mengalami patah tulang. Hal ini umumnya disebabkan karena kekurangan vitamin D.

  • Kekurangan vitamin D sebabkan Osteoporosis

Asupan kalsium dan vitamin D sangatlah penting untuk membentuk puncak massa tulang yang optimal pada usia muda. Selain itu, hal ini juga sangat penting guna mencegah osteoporosis pada wanita di kemudian hari. Pasalnya, kalsium merupakan mineral penting untuk membentuk tulang, sedangkan vitamin D penting untuk membantu penyerapan kalsium di dalam tulang.

  • Kekurangan vitamin D dapat memicu terjadinya penyakit lain

Selain mempengaruhi tulang, kekurangan vitamin D juga dapat menimbulkan gejala dan penyakit lain. Gejala dan penyakit lain yang dapat ditimbulkan akibat kekurangan vitamin D misalnya  meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, gangguan kemampuan kognitif pada usia lanjut, penyakit asma pada anak-anak dan kanker.

0 Komentar

Belum ada komentar