Sukses

Manfaat Olahraga Angkat Beban untuk Wanita

Manfaat olahraga angkat beban tidak hanya dapat dirasakan oleh kaum laki-laki saja, melainkan pada kaum wanita juga. Apa saja manfaat olahraga beban untuk wanita? Berikut ulasannya.

Olahraga angkat beban untuk wanita? Mengapa tidak. Pasalnya, menjadi sehat dan aktif adalah impian semua orang, termasuk wanita.

Dengan aktif melakukan olahraga, sudah terbukti dapat mengurangi risiko terjadinya berbagai penyakit kronik pada saat lanjut usia. Untuk menjadi orang lanjut usia yang sehat dan aktif tidak dapat dilakukan secara instan, namun membutuhkan proses panjang yang idealnya dapat dimulai dari usia muda.

Ladies, tidak ada kata terlambat untuk memulai kehidupan yang aktif. Apakah Anda sudah mengetahui jenis olahraga yang menarik untuk Anda lakukan? Apakah Anda cukup tertarik dengan jenis olahraga angkat beban?

Olahraga angkat beban tidak hanya bermanfaat untuk kaum laki-laki saja, olahraga angkat beban juga memiliki banyak manfaat untuk para wanita.

Angkat beban (weightlifting) merupakan olahraga yang identik terhadap kaum adam. Meskipun begitu, para wanita juga bisa memperoleh berbagai fungsi kesehatan dari jenis olahraga ini. Berikut adalah beberapa fungsi kesehatan tersebut:

  1. Meningkatkan massa otot

Olahraga angkat beban yang dilakukan secara rutin dan sesuai akan menambah jumlah sel-sel otot Anda. Dengan massa otot yang lebih besar, Anda akan mampu beraktivitas dengan lebih nyaman tanpa cepat lelah ataupun merasa lemah. Selain itu, gambaran tubuh Anda akan padat, kencang serta tampak lebih menarik.

  1. Meningkatkan kekuatan otot

Saat otot dilatih dengan nilai beban yang semakin meningkat, maka sel otot akan semakin besar (hipertrofi). Bila sel otot Anda memiliki ukuran yang lebih besar, maka kekuatan yang dihasilkan dalam tiap kontraksinya juga akan lebih kuat.

  1. Meningkatkan kesehatan tulang dan menurunkan risiko osteoporosis

Sebagai seorang wanita, saat Anda berusia lanjut dan telah mengalami menopause, maka risiko untuk terjadinya osteoporosis (suatu bentuk kerapuhan tulang, dan mudah terjadi patah tulang) semakin membesar. Namun, apabila Anda memberikan ‘pembebanan’ dengan teratur terhadap tulang Anda sedari muda, salah satunya bisa melalui angkat beban, Anda akan memicu terbentuknya tulang yang keras dan padat, serta tidak mudah patah.

  1. Membentuk tubuh yang lebih menarik

Dengan melatih otot Anda melalui angkat beban, Anda dapat menghindari tampilan lengan atau kaki yang menggelambir, serta dapat memperoleh gambaran tubuh yang kencang dan padat.

  1. Membantu memperoleh berat badan yang ideal

Angkat beban dapat menjadi salah satu cara penunjang memperoleh berat badan ideal, melengkapi program pengaturan pola makan dan olahraga aerobik Anda. Hal ini disebabkan karena angkat beban dapat membakar kalori dari tubuh Anda.

Olahraga angkat beban dapat Anda lakukan 2-3 kali dalam seminggu guna melatih kelompok otot-otot besar di seluruh tubuh Anda. Untuk memperoleh manfaat maksimal berupa kekuatan otot, Anda direkomendasikan untuk menggunakan beban eksternal tambahan seperti dumbbell.

Olahraga angkat beban tidak harus diidentikkan dengan bentuk tubuh yang besar seperti binaragawan. Dengan membatasi besar beban yang diangkat, Anda dapat membatasi efek pembesaran otot sesuai dengan yang Anda inginkan.

Para wanita harus memperhatikan bahwa olahraga angkat beban harus dilakukan dengan cara yang benar, teratur dan terukur. Dan akan lebih baik lagi ketika Anda melakukan olahraga angkat beban ini disertai oleh pelatih. Dengan demikian, Anda dapat memperoleh manfaat yang terbaik dan menurunkan risiko terjadinya cedera.

0 Komentar

Belum ada komentar