Sukses

Mencegah Infeksi Jamur Pada Kulit

Tindakan mencegah infeksi jamur pada kulit harus dilakukan. Pasalnya, Infeksi jamur dapat menyerang siapa saja, terutama mereka yang sering berkeringat.

Jamur dapat ditemukan di mana-mana. Di tanah, lantai, tumbuhan, hewan peliharaan, dan orang yang terinfeksi. Jamur dapat tumbuh subur di lingkungan yang lembap dan hangat. Oleh karena itu, ada beberapa bagian tubuh yang cenderung lebih rentan terkena infeksi jamur.

Infeksi jamur yang sering dialami adalah infeksi jamur di kaki, kuku, selangkangan, dan punggung. Infeksi jamur banyak terjadi pada orang yang banyak berkeringat, memakai pakaian ketat, dan memakai celana berlapis.

Selain itu, orang yang sering memakai kaus kaki dan sepatu yang lembap dalam jangka waktu lama juga rentan terkena infeksi jamur.

Oleh karena itu, jagalah agar kaki selalu kering dan bersih. Gantilah kaus kaki setiap hari guna mencegah terjadinya infeksi jamur. Gunakan sepatu yang dapat memberikan kesempatan kaki Anda “bernapas”, seperti sepatu kulit. Sepatu karet atau plastik cenderung membuat kaki lebih mudah lembap.

Anda harus memastikan sepatu yang Anda gunakan nyaman dan sesuai dengan ukuran kaki Anda. Pasalnya, sepatu yang terlalu sempit akan membuat kaki lebih mudah berkeringat dan lembap. Mengganti sepatu yang Anda gunakan setiap dua hari sekali dapat mencegah sepatu lembap yang kian mengundang jamur. Selain itu, jagalah juga kebersihan kuku kaki Anda, dan memotongnya secara berkala.

Yang harus Anda lakukan untuk mencegah infeksi jamur pada kulit, antara lain:

1. Siapkan handuk/pakaian ganti bila perlu

Jika Anda mudah berkeringat atau pekerjaan Anda membuat Anda banyak mengeluarkan keringat, bawalah handuk untuk mengeringkan tubuh atau untuk sekedar mengelap bagian yang berkeringat. Jika perlu, bawalah baju ganti agar keringat tidak menempel di tubuh dalam waktu yang lama dan menjadi media yang baik bagi pertumbuhan jamur.

Namun perlu Anda ingat, janganlah menggunakan baju dan celana yang terlalu ketat, dan jangan pula menggunakan celana yang berlapis-lapis.

2. Pertahankan sistem kekebalan tubuh Anda

Jamur dapat mudah tumbuh pada orang dengan kekebalan tubuh yang rendah, maka sangat penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda.

Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda, konsumsilah makanan dengan gizi yang seimbang nan lengkap setiap hari. Jika memang diperlukan, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen.

Selain itu, Anda juga harus berolahraga setidaknya tiga kali dalam seminggu guna membantu menjaga kebugaran tubuh Anda tetap maksimal. Tidur 7-8 jam sehari juga akan memperbarui energi Anda sehingga tubuh akan fit dan siap untuk beraktivitas keesokan harinya.

3. Tidak bertukar barang pribadi dengan orang lain

Anda akan lebih mudah terkena infeksi jamur jika Anda memiliki kebiasaan saling bertukar pakaian atau handuk dengan orang lain. Pasalnya, jamur dapat menular melalui barang tersebut. Bahkan, untuk meminjam sisir dengan kerabat/teman Anda pun sebisa mungkin dihindari. Hal ini guna mencegah infeksi jamur di kepala yang juga dapat menular jika Anda meminjam sisir orang yang memiliki penyakit tersebut.

1 Komentar

  • IA

    dok kmrn saya ke dokter karena terkena ringworm saya diberi obat minum dan oles. 1 bulan kmudian saya sakit tiba" ringworm saya kambuh. ada ga ya dok vaksin untuk manusia untuk ini?