Sukses

Cara Menghilangkan Infeksi Jamur pada Kulit

Cara menghilangkan infeksi jamur pada kulit sangatlah bervariasi, tergantung dengan infeksi yang terjadi. Sebenarnya, bagaimana cara menghilangkan infeksi jamur pada kulit? Berikut ulasannya.

Seseorang yang mengalami infeksi jamur pada kulit pada umumnya ingin infeksi tersebut segera menghilang dan keluhannya cepat sembuh, apalagi untuk seseorang yang sangat peduli pada penampilan.

Pasalnya, bercak berwarna putih atau sisik pada kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur pada kulit tentu saja sangat mengganggu penampilan.

Di sisi lain, keluhan akibat infeksi jamur pada kulit dianggap tidak terlalu mengganggu sehingga banyak juga yang menyepelekan terjadinya infeksi jamur pada kulit, dan berusaha mengobatinya sendiri, tanpa bantuan khusus dari dokter.

Berbagai terapi, baik terapi obat maupun terapi “herbal”, yang beredar luas di masyarakat di klaim dapat menyembuhkan kondisi infeksi jamur pada kulit. Namun, ketika seseorang telah mencoba berbagai cara yang dilakukan sendiri tetapi infeksi jamur pada kulit belum juga membaik, barulah memutuskan untuk ke dokter guna mengobati infeksi jamur pada kulit ini.

Sebenarnya, bagaimana cara yang tepat untuk mengobati keluhan infeksi jamur pada kulit?

Mengatasi keluhan infeksi jamur pada kulit dapat dibagi menjadi 2 cara, yaitu penanganan menggunakan obat dan penanganan dengan tidak menggunakan obat.

Untuk penanganan infeksi jamur di kulit menggunakan obat, beberapa kelainan yang timbul akibat infeksi jamur pada kulit dapat diobati dengan menggunakan obat oles atau krim anti jamur. Namun pada beberapa kelainan lain, infeksi jamur pada kulit membutuhkan obat minum. Untuk obat krim, dokter biasanya akan memberikan obat penghilang infeksi jamur, seperti clotrimazol, ketoconazol, dan itraconazol yang pemakaiannya harus sesuai dengan dosis dan anjuran dari dokter tersebut.

Pada beberapa kondisi, pemakaian obat antijamur untuk mencegah infeksi jamur pada kulit memerlukan dosis dan cara pemakaian khusus, misalnya pada tinea unguium atau jamur pada kuku yang membutuhkan pengobatan yang memakan waktu lama, hingga berbulan-bulan dengan cara pemakaian obat yang tidak umum. Oleh karena itu, sebelum menggunakan obat antijamur tersebut, Anda sebaiknya mengunjungi dokter untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut.

Anda dapat melakukan beberapa hal berikut guna mencegah terjadinya infeksi jamur secara umum. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Upayakan untuk menghilangkan faktor pencetus infeksi, misalnya untuk tinea pedis dengan keluhan jamur pada jari kaki, untuk menyembuhkan dan menghindari terulangnya infeksi, maka sebaiknya Anda menjaga kondisi kaki agar tetap kering dan menghindari hal-hal yang membuat kaki menjadi lembap. Dan perlu Anda ingat, faktor pencetus setiap infeksi jamur sangat bervariasi. Apabila Anda tidak mengetahui faktor pencetus infeksi jamur yang terjadi pada diri Anda, diskusikan faktor pencetus ini dengan dokter Anda.
  • Tingkatkan imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang.
  • Usahakan untuk tidak bertukar barang pribadi, seperti pakaian, pakaian dalam, dan handuk.
  • Jaga kebersihan diri secara keseluruhan dengan baik, misalnya mandi minimal 2  kali sehari dengan sabun.

Pengobatan infeksi jamur pada kulit, selain untuk mengobati infeksi yang terjadi, juga untuk mencegah terjadinya infeksi lain yang disebabkan oleh mikroorganisme lain, seperti bakteri. Dalam dunia medis, hal ini dikenal sebagai infeksi sekunder.

Oleh karena itu, setiap kelainan yang terjadi pada kulit akan sangat baik apabila dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Sebab, setiap kelainan yang terjadi bisa menyerupai kelainan lain. Apabila diberikan penanganan dengan cara yang salah, hal ini justru dapat menyebabkan efek samping pada kulit.

Selain itu, cara penggunaan obat juga sangat bervariasi, tidak seperti pada penyakit lainnya. Misalnya untuk penggunaan obat oles, ada obat yang dioles hanya di kelainan yang terjadi pada kulit saja, ada pula yang dioles sampai sekitar kelainan kulit tersebut. Selain itu, ada juga sampo yang digunakan pada kulit (bukan kulit kepala) untuk obat.

3 Komentar

  • dok sy sudah terinfeksi jamur hampir 10 th. dulu pernah ke dokter berobat, sempat sembuh tapi muncul lagi, hilang dan muncul. akhirnya sy biarkan karna gak sembuh2 sampai sekarang. apa ada kemungkinan sembuh total? kulit sy termasuk type yg mudah berkeringat.

  • Momy Nilla Greazilla

    Dok anak sy pd bintik2 putih katay s jamur tp hampir smua tbhy dok sy hrs bgmaina y

  • nofi indah

    malam dok saya nofi mw tanya dok..tangan dan kaki saya gatel dok bila d garuk dia membekas nanti dia muncul dn gatel lagi dok apakah itu d sebabkan darah manis ap gmna y dok.solusi nya gmna y dok.terima kasih.