Sukses

Cara Memasak Rendah Kolesterol

Cara memasak rendah kolesterol perlu diketahui agar kita terhindar dari kolesterol tinggi – salah satu musuh tubuh yang membahayakan. Dengan memahami cara memasak rendah kolesterol, Anda juga ikut mengajak keluarga untuk hidup sehat!

Mengonsumsi makanan sehat berarti memilih bahan makanan yang tepat serta memahami bagaimana cara mengolah makanan tersebut – salah satunya adalah dengan mempelajari cara memasak rendah kolesterol.

 

Tentu Anda sudah cukup akrab dengan hubungan antara kolesterol dengan penyakit jantung dan pembuluh darah otak. Seseorang dengan kadar kolesterol yang tinggi memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita penyakit pembuluh darah jantung. Tumpukan lemak kolesterol akan membentuk lapisan pada pembuluh darah jantung, sehingga menyebabkan penyempitan pembuluh darah jantung.

Salah satu komponen penting dalam menurunkan angka kolesterol adalah perubahan pola hidup. Selain berolahraga rutin, pola makan yang baik merupakan kunci mencegah kolesterol yang tinggi. Yuk, kita simak bagaimana cara memasak makanan rendah kolesterol:

  • Hindari menggoreng makanan

Menggoreng adalah metode yang umum dijumpai dalam memasak makanan di rumah makan cepat saji. Makanan seperti ayam, kentang atau ikan digoreng dengan merendamnya dalam minyak sehingga semua bagian makanan akan terendam. Cara ini juga banyak dilakukan dalam mengolah makanan sehari-hari, seperti menggoreng ayam dan ikan. Namun, teknik memasak seperti ini memberikan sumbangsih besar dalam jumlah minyak tidak jenuh yang masuk ke dalam tubuh Anda. Jadi, hindarilah makanan yang diolah dengan cara seperti ini.

  • Mengukus atau merebus makanan

Dibandingkan menggoreng, mengukus atau merebus makanan tidak menambahkan jumlah lemak pada makanan Anda. Anda dapat menambahkan sedikit garam atau rempah-rampah lain saat mengukus makanan, sehingga masakan akan memiliki rasa yang lebih enak.

  • Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu komponen utama dalam diet sehat Mediterania. Minyak zaitun juga contoh pelumas makanan yang baik bagi kesehatan jantung Anda. Anda dapat menggunakan minyak zaitun ketika hendak memasak pasta atau salad. Sebagai pengganti mayones, gunakanlah minyak zaitun untuk menikmati buah dan sayuran segar Anda.

  • Mengonsumsi gandum dan kacang-kacangan

Apa yang Anda makan untuk memulai hari Anda? Apakah semangkuk besar mi ayam? Atau segelas susu dan roti? Pernahkah Anda sarapan dengan menggunakan gandum dan kacang-kacangan? Bentuk olahan dari gandum dan kacang-kacangan ini dijual di banyak tempat dan dikenal dengan nama muesli. Muesli dapat dinikmati dengan buah-buahan segar dan yoghurt. Tambahkan tiga sendok makan muesli, berbagai buah favorit Anda, dan beberapa sendok yogh urt. Selain menurunkan risiko penyakit jantung, menu sarapan juga dapat mencegah kanker kolon!

  • Melakukan pola hidup sehat

Pola makan merupakan salah satu komponen gaya hidup sehat. Tentu manfaat dari pola makan sehat akan hilang jika Anda masih merokok, hidup stress, dan tidak berolahraga secara teratur. Oleh karena itu, upayakan untuk melakukan berbagai gaya hidup sehat untuk mengoptimalkan manfaat dari pola diet sehat Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar