Sukses

Mencegah Anemia Ketika Bepergian Jauh

Anemia dapat menjadi penganggu Anda, khususnya ketika Anda akan bepergian jauh. Bagaimana kiat mencegah anemia ketika bepergian jauh? Berikut info medis dari dr. Dina Kusumawardhani.

Ketika Anda akan berpergian tentunya Anda perlu melakukan persiapan yang matang. Misalnya saat Anda berpergian untuk pekerjaan ataupun liburan, tentu Anda tidak ingin menghadapi masalah kesehatan yang membuat Anda merasa tidak nyaman selama perjalanan dan saat sampai tempat tujuan.

Keluhan yang paling sering dihadapi ketika bepergian jauh adalah sakit kepala, mual, lemas dan kurangnya konsentrasi saat Anda dalam perjalanan. Salah satu penyebab yang perlu diwaspadai oleh Anda adalah Anemia.

Anemia atau kurang darah adalah kondisi dimana kadar sel darah merah Anda kurang dari normal (Hb kurang dari 13,5 Gram/dl pada laki-laki, dan 11,5 Gram/dl pada perempuan).

Akibat yang ditimbulkan oleh anemia adalah kandungan oksigen (O2) dalam darah berkurang dan akan menimbulkan keluhan-keluhan, seperti sakit kepala, mual, lemas dan kurangnya konsentrasi. Selain itu, akibat kekurangan oksigen dalam darah juga membuat jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah keseluruh tubuh, khususnya ke otak, sehingga timbul keluhan sakit kepala, dan hilangnya konsentrasi.

Anemia dapat disebabkan oleh beberapa penyebab, yakni:

  1. Kekurangan asupan nutrisi zat besi, asam folat, dan vitamin B12
  2. Perdararahan aktif, contohnya pada menstruasi yang berlebihan atau lama
  3. Konsumsi obat-obat tertentu, seperti obat pengencer darah
  4. Kondisi penyakit kronis, seperti penyakit ginjal, dan keganasan/kanker.
  5. Penyakit anemia karena kelainan darah, atau kelainan pembentukan darah

Berdasarkan penjelasan di atas, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah anemia ketika berpergian jauh, diantaranya adalah:

  1. Konsumsi makanan yang mengandung asupan nutrisi yang cukup untuk mencegah anemia ketika bepergian jauh

Konsumsi makanan yang baik harus mengandung zat besi, asam folat, vitamin B12 dan vitamin C. Semua nutrisi tersebut dibutuhkan untuk membantu membentuk sel darah merah dan juga membantu absorpsi zat besi dari makanan di dalam tubuh. Contoh makanan yang baik adalah daging, sayur-sayuran hijau, kacang-kacangan dan buah buahan.

  1. Mengonsumsi obat, suplemen dan vitamin jika diperlukan

Jika Anda memiliki penyakit yang berhubungan dengan anemia hendaknya Anda mengonsumsi obat yang diberikan oleh dokter. Namun, konsumsi suplemen dan vitamin juga dapat membantu Anda mengatasi anemia. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter dalam penggunaan suplemen dan vitamin yang Anda butuhkan untuk mencegah anemia ketika bepergian jauh.

  1. Berkonsultasi dengan dokter jika terdapat kondisi anemia yang berat

Anemia yang berat tentunya membutuhkan perhatian yang lebih. Jika Anda memiliki kadar hemoglobin (Hb) yang sangat rendah, Anda membutuhkan perawatan di rumah sakit dan harus menunda perjalanan Anda. Dokter dapat melakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui seberapa parah anemia yang Anda alami.

Dengan mengetahui kondisi anemia yang mungkin Anda alami tentunya akan membuat perjalanan yang akan Anda lakukan akan terasa lebih menyenangkan, dan tidak akan mengganggu aktivitas Anda. Jangan lupa untuk senantiasa beristirahat dengan cukup dan juga mempersiapkan kebutuhan lain sebelum Anda akan mulai berpergian.

0 Komentar

Belum ada komentar