Pencernaan

Agar Tetap Nyenyak, Begini Posisi Tidur yang Nyaman Saat Asam Lambung Naik

Bunga Sandha Pragastiwi, 20 Nov 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tidur saat maag kambuh memang tidak nyaman. Tapi, kamu bisa coba posisi tidur saat asam lambung naik agar bisa nyenyak.

Agar Tetap Nyenyak, Begini Posisi Tidur yang Nyaman Saat Asam Lambung Naik

Pernahkah kamu merasa kesulitan tidur karena asam lambung naik? Kadang, asam lambung naik di tengah malam dan membuat kamu tidak nyaman.

Nyatanya, kamu bisa mengikuti posisi tidur tertentu supaya kamu lebih nyaman ketika asam lambung naik atau maag kambuh.

Berikut posisi tidur yang nyaman saat asam lambung naik beserta tipsnya.

Posisi Tidur yang Nyaman Saat Asam Lambung Naik

Asam lambung bisa saja terjadi saat kamu ingin tidur untuk istirahat, yang akhirnya menyebabkan kamu menjadi sulit untuk tidur.

Menurut jurnal dari The American Journal of Gastroenterology, sebuah studi melibatkan 57 orang yang menderita sakit maag kronis.

Mereka diamati selama tidur, dan ditemukan bahwa tidak ada perbedaan dalam jumlah kali asam lambung naik ke kerongkongan (yang bisa menyebabkan nyeri maag) tergantung pada apakah seseorang tidur di sisi kiri, kanan, atau punggung.

Namun, yang menarik adalah bahwa asam lambung tampaknya berkurang lebih cepat ketika seseorang, 

  • Tidur pada posisi miring kiri, dibandingkan dengan sisi punggung atau kanan. Ini dapat membantu mengurangi asam lambung yang akan naik, nyeri maag dan juga dapat mengurangi risiko kerusakan jaringan serta masalah yang lebih serius.
  • Menggunakan bantal tidur tinggi, bantal tidur yang tinggi dapat membantu menjaga kepala dan dada lebih tinggi dibandingkan dengan perut, membantu mengurangi kemungkinan asam lambung naik.
  • Berhenti makan 3 jam sebelum tidur, hal ini akan membantu perut anda untuk memberikan jeda waktu yang cukup bagi makanan untuk diolah perut sebelum kamu tidur.
  • Hindari makanan ini untuk memicu naiknya asam lambung, tomat, cokelat, bawang putih, cuka, makanan pedas, minuman bersoda, kopi dan daun mint.

Tips Tidur Nyaman Saat Asam Lambung Naik

Berikut berbagai tips tidur nyaman yang bisa kamu lakukan saat asam lambung kamu naik ketika:

1. Gunakan Pakaian Tidur yang Longgar

engenakan pakaian tidur yang longgar, terutama di sekitar perut menjadi salah satu tips untuk membantu kamu mengurangi tekanan pada perut yang maag dan meredakan ketidaknyamanan kamu saat tidur.

2. Tidurlah Pada Posisi Miring ke Kiri 

Beberapa orang merasa nyaman saat tidur dengan posisi miring ke kiri, dan dapat mencegah asam lambung naik ke esofagus.

Artikel Lainnya:Posisi Tidur yang Baik Miring ke Kiri atau Kanan?

3. Gunakan Bantal Tambahan Saat Tidur

Jika kamu sedang mengalami naiknya asam lambung sebelum tidur, kamu bisa mencoba menambahkan bantal kamu.

Menambahkan bantal tambahan di bawah kepala dan dada dapat membantu mengangkat tubuh bagian atas, dan mencegah naiknya asam lambung.

4. Minum Sebelum Tidur

Kamu bisa coba minum sebelum tidur, sekitar satu jam sebelum kamu tidur untuk membantu hidrasi, tetapi hindari minum terlalu banyak agar tidak memicu asam lambung kamu naik.

Artikel Lainnya: Manfaat Mengejutkan Minum Air Putih Sebelum Tidur

5. Minum Obat 

Kalau asam lambung kamu belum kunjung reda setelah melakukan 4 hal diatas, kamu bisa mencoba untuk minum obat yang bisa meredakan asam lambung naik kamu.

Salah satu obat yang mungkin bisa menjadi pilihan kamu adalah, Promag Double Action.

Promag Double Action bekerja ganda dengan antasida untuk menetralkan asam lambung dan H2 Blocker (Famotidine) untuk mengurangi produksi asam lambung.

Obat ini mengandung Famotidine (antagonis reseptor H2), Calcium Carbonate dan Magnesium Hydroxide (antasida) yang mampu untuk mengurangi gejala akibat kondisi asam lambung naik, gastritis, tukak lambung, dan tukak usus dua belas jari.

Kondisi tersebut, umumnya menimbulkan gejala seperti mual, nyeri lambung, nyeri ulu hati, kembung, dan perasaan penuh pada lambung. Nah, gejala-gejala tersebut tidak bisa hanya menggunakan antasida, sehingga butuh obat seperti Promag Double Action yang punya komposisi ganda untuk atasi keluhan tersebut.

Promag memiliki berbagai varian, seperti Promag Cair dan Promag Tablet yang mengandung hydrotalcite, magnesium hydroxide, dan simethicone yang cepat redakan sakit maag #TanpaDramaag. Promag cair dilengkapi dengan cup takar, sehingga praktis dan cocok untuk konsumen yang menyukai obat cair dengan rasa mint segar. Kedua varian Promag ini sangat praktis dibawa kemanapun dan siap obati gejala maagmu.

Yuk, #JagaSehatmu selalu dengan menerapkan gaya hidup sehat dan menghindari makanan yang dapat memicu maag kamu kambuh. Bila kamu butuh konsultasi dengan dokter, kamu bisa gunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

Masalah Pencernaantidur

Konsultasi Dokter Terkait