Sukses

Mengatasi Jantung Berdebar Saat Maag Kambuh

Saat maag kambuh, jantung Anda dapat berdebar dengan cepat. Kenali cara mengatasi jantung berdebar saat maag kambuh oleh dr. Mega Putri berikut ini.

Apabila Anda mempunyai penyakit maag dan refluks gastro-esofageal (GERD), berarti Anda sudah pernah merasakan rasa panas atau terbakar yang sering dirasakan di daerah ulu hati sampai dada.

Gejala tersebut akan muncul ketika maag kambuh atau asam lambung naik ke atas, ke arah esophagus, sehingga memunculkan gejala panas atau terbakar di daerah dada.

Selain rasa terbakar di daerah dada, gejala lain yang sering muncul akibat maag kambuh adalah jantung berdebar. Ketika Anda mengalami jantung berdebar, biasanya Anda akan cepat menyadarinya. Hal ini disebabkan karena jantung akan dirasakan berdetak lebih cepat dibandingkan dengan biasanya.

Palpitasi, atau jantung berdebar, dan rasa panas di daerah ulu hati sampai dada biasanya disebabkan oleh pergerakan asam lambung yang naik ke daerah leher. Apabila Anda mengalami hal tersebut, Anda harus dapat membedakan penyebab terjadinya hal tersebut, apakah dari lambung akibat maag kambuh ataukah karena penyakit jantung.

Jantung berdebar akibat penyakit maag kambuh biasanya dirasakan ketika Anda berbaring telentang, membungkuk, atau muncul segera setelah makan. Selain itu, biasanya rasa asam di dalam mulut juga akan dirasakan. Rasa nyeri atau terbakar di daerah ulu hati akibat penyakit maag kambuh dan karena penyakit jantung terkadang mempunyai gejala yang hampir mirip. Gejala yang disebabkan oleh penyakit jantung biasanya disertai dengan mual, muntah, keringat dingin, nyeri yang teramat sangat, dan disertai sesak atau sulit bernapas. Apabila Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segeralah untuk membawa diri Anda ke dokter karena dapat berakibat sangat fatal.

Jantung berdebar biasanya dapat muncul karena pada penyakit maag kambuh dan tidak tertangani dengan baik. Asam lambung yang naik akan mengiritasi saraf vagus yang juga berfungsi mengatur detak jantung. Hal ini disebabkan karena saraf vagus terletak dekat dengan organ saluran pencernaan.

Hal yang dapat Anda lakukan ketika Anda mengalami jantung berdebar karena maag kambuh adalah dengan memperbaiki gaya hidup Anda, misalnya, dengan makan secara teratur, menghindari makanan yang mengandung kafein tinggi, seperti teh, kopi, dan minuman bercola. Anda harus menghindari untuk mengonsumsi kafein karena selain dapat mengiritasi lambung, kafein juga dapat meningkatkan detak jantung.

Selain melakukan pola hidup sehat, konsumsi obat jenis antasida juga dapat mengurangi gejala akibat maag kambuh secara cepat, serta dapat pula menurunkan kadar asam lambung. Apabila gejala akibat maag kambuh tidak mengalami perubahan setelah mengonsumsi obat-obatan untuk lambung, maka bawalah diri Anda ke dokter untuk mengetahui penyebab gejala tersebut secara cepat dan tepat sehingga Anda akan mendapatkan pengobatan yang sesuai dari dokter.

1 Komentar