Sukses

Cara Ini Ampuh untuk Kurangi Rasa Sakit Saat Persalinan

Tak bisa dimungkiri, persalinan normal akan membawa rasa sakit atau nyeri bagi para ibu. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit saat persalinan. Baca selengkapnya di sini.

Proses melahirkan merupakan salah satu peristiwa di dalam hidup yang sangat dinantikan, namun hal ini terkadang memberikan rasa cemas dan takut bagi ibu hamil – terutama karena bayangan rasa sakit yang akan dihadapi. Namun, sangatlah wajar apabila kebahagiaan sekaligus kekhawatiran tersebut dirasakan secara bersamaan, apalagi jika ini merupakan pengalaman pertama Anda dalam melahirkan. 

Berikut adalah beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit saat persalinan:

Relaksasi

Hal terpenting dalam menghadapi proses persalinan adalah dengan mengatur pikiran Anda sendiri. Jika Anda terus berpikir takut akan mengalami rasa sakit, maka akan membuat Anda menjadi lebih tegang, dan nyeri tentunya akan lebih dirasakan. Cobalah untuk menikmati setiap kontraksi yang terjadi dan berusaha untuk tetap rileks, karena cara ini dapat membantu mengurangi rasa sakit saat persalinan.

Mengatur napas

Mengatur pernapasan juga merupakan salah satu faktor penting dalam menghadapi proses persalinan. Aturlah pernapasan selama terjadi kontraksi, karena hal ini dapat membantu mengurangi rasa sakit saat persalinan, membuat Anda menjadi lebih rileks, dan mengalihkan perhatian Anda dari rasa sakit yang dirasakan. Tarik napas yang dalam melalui hidung saat terjadi kontraksi, lalu embuskan napas secara perlahan melalui mulut.

Terapi air

Berendam dengan air yang hangat dapat membantu mengurangi rasa sakit saat persalinan. Selain itu, air yang hangat dapat membuat ibu hamil merasa rileks saat persalinan. Namun, ibu hamil hanya disarankan untuk berendam di air hangat ketika sudah mendekati proses persalinan, yakni saat mulut rahim telah terbuka sebesar 5 cm.

Kompres hangat

Kompres handuk hangat di daerah vagina dan perineum saat kepala bayi sudah terlihat akan membantu mengurangi rasa nyeri dan mengurangi risiko robekan perineum. Perineum adalah daerah antara lubang dubur dan bagian alat kelamin sebelah luar.

Terus bergerak

Menjelang persalinan, Anda disarankan untuk banyak melakukan gerakan seperti posisi sujud, duduk dengan posisi tegak, duduk di bola karet ukuran besar atau dengan cara berjalan. Selain dapat mengurangi rasa sakit, hal ini dapat membantu mempercepat proses persalinan karena gaya gravitasi membantu janin untuk masuk ke dalam ruang panggul.

Pijatan

Pijatan di daerah punggung dapat menghangatkan kulit dan membuat tubuh lebih rileks, sehingga dapat mengurangi rasa sakit saat persalinan.

2 Komentar