Sukses

Daftar Makanan yang Bisa Melancarkan Peredaran Darah

Apakah makanan benar-benar bisa melancarkan peredaran darah? Jika ya, apa saja makanan yang bisa melancarkan peredaran darah? Baca jawabannya di sini!

Pembuluh darah merupakan sarana transportasi yang penting bagi oksigen, zat gizi, dan sel kekebalan tubuh untuk dapat disalurkan ke seluruh tubuh.

Apabila Anda memiliki aterosklerosis – penyakit di mana pembuluh darah arteri menjadi mengeras dan menyempit – maka peredaran darah ke berbagai organ dan sel tubuh menjadi tidak lancar. Aterosklerosis merupakan awal dari serangan jantung dan stroke.

Menurut penelitian oleh Universitas Maryland di Amerika, 80% orang Amerika yang berusia di atas 30 tahun memiliki aterosklerosis – mulai dari tingkat ringan hingga berat. Pola makan yang tidak sehat dan kurang olahraga menjadi beberapa faktor penyebabnya.

Untuk melancarkan peredaran darah dan mencegah penumpukan plak lemak yang berujung kepada aterosklerosis, Anda dapat mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini:

Vitamin E        

Vitamin E merupakan vitamin larut lemak yang berperan penting dalam melebarkan pembuluh darah. Anda bisa memperoleh vitamin E dari kacang-kacangan, biji-bijian, gandum, dan sayuran hijau.

L-Arginin

L-Arginin adalah salah satu jenis asam amino yang diubah oleh tubuh menjadi nitric oxide – suatu senyawa yang berfungsi untuk mempertahankan elastisitas pembuluh darah. Nitric oxide dapat melebarkan pembuluh darah – baik vena maupun arteri – sehingga aliran darah dapat menjadi lebih lancar, mencegah tekanan darah tinggi, dan memelihara kesehatan jantung. Sumber asam amino L-arginin di antaranya ayam, ikan, kacang kedelai, susu, dan daging.

Bawang Putih

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Nutritional Biochemistry, bawang putih terbukti dapat mengencerkan darah dan membantu penyembuhan varises tungkai. Universitas Maryland merekomendasikan konsumsi 2-4 gram bawang putih segar cincang setiap harinya.

Serat

Serat dapat menurunkan kolesterol yang menyebabkan aterosklerosis, sehingga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Makanan tinggi serat yang dapat Anda konsumsi adalah buah-buahan, sayur-sayuran, oatmeal, dan kacang-kacangan.

Asam Lemak Omega-3

Asam lemak esensial omega-3 dapat berfungsi sebagai pengencer darah ringan, sehingga dapat melancarkan peredaran darah. Omega-3 bisa didapatkan dari ikan seperti salmon, tuna, hering, sarden, atau minyak zaitun, minyak kanola, dan biji rami. Para ahli merekomendasikan agar Anda mengonsumsi dua hingga tiga porsi ikan per minggu, yang setara dengan 1200 mg DHA per hari.

Rata-rata, orang yang tidak memiliki masalah pada aliran darah, penyakit jantung, dan stroke hanya memerlukan asupan DHA sebesar 500 mg per hari. Karena pada umumnya kecukupan DHA sulit terpenuhi hanya dengan asupan makanan sehari-hari, para ahli menyarankan konsumsi suplemen omega-3.

Suplemen tersebut diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan omega-3 sehari-hari, sehingga kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda terpelihara dengan baik.

0 Komentar

Belum ada komentar