Kesehatan Bayi

Kiat Memilih Peralatan Makan untuk Bayi

dr. Irma Rismayanty, 02 Feb 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kelihatannya memang sepele, tapi peralatan makan bayi juga sama pentingnya dengan makanan MPASI-nya!

Kiat Memilih Peralatan Makan untuk Bayi

Dalam menyiapkan MPASI, selain memperhatikan makanan yang akan diberikan, Anda tentu juga perlu mencermati peralatan makan yang dipilih untuk bayi. Hal ini dimaksudkan agar kualitas makanan tetap terjaga dan aman bagi kesehatan bayi. Berikut adalah beberapa kiat dalam memilih peralatan makan untuk bayi Anda:

  1. Pilihlah alat makan yang ujungnya tumpul

Dalam memilih alat makan, pastikan tak ada bagian yang tajam. Pilihlah alat makan yang tumpul dan tidak berpotensi untuk melukainya. Jangan membiarkannya menggunakan pisau atau garpu untuk dewasa. Selain itu, pastikan jika alat makan tersebut tidak mudah patah.

  1. Pilihlah alat makan yang mudah digenggam

Permukaan yang tebal dan membulat akan membuat bayi menggenggam alat makan lebih mudah. Sendok dan garpu yang mudah dipegang membuatnya lebih mudah membiasakan diri menggunakan sendok dan garpu.

  1. Perhatikan bahannya
  • Bacalah dengan cermat kemasan alat makan sebelum membelinya.
  • Pastikan jika materialnya aman bagi bayi.
  • Wadah plastik yang Anda beli setidaknya memiliki salah satu tanda berikut ini:
    • Ada  tanda food grade, yaitu logo gelas dan garpu, artinya plastik tersebut layak dipakai untuk memproduksi perlengkapan makan.
    • Ada tanda food safe, yaitu logo centang, artinya makanan atau minuman tersebut aman tidak terkontaminasi bahan-bahan kimiawi.
    • Ada tanda approved by FDA, artinya benda tersebut sudah lolos uji dan dinyatakan aman digunakan oleh FDA (Food and Drug Administration, lembaga pengawasan obat dan makanan di Amerika Serikat).
    • Periksa kode BPA (Bisphenol-A) pada wadah plastik Anda.
      • Cek bentuk segitiga pada bagian plastik, terdapat sebuah angka. Angka 1, 2, 4 dan 5 adalah pilihan yang aman untuk digunakan sebagai wadah makanan karena bebas dari zat kimia BPA.
      • Hati-hati dalam menghidangkan dan menyimpan makanan yang panas ke dalam wadah plastik, karena dapat mempermudah transfer zat kimia pada plastik ke dalam makanan.

peralatan makanSerba-Serbi Makanan Balita

Konsultasi Dokter Terkait