Sukses

Kiat Memilih Baju untuk Si Kecil yang Kulitnya Sensitif

Pemilihan pakaian yang tepat sangat penting bagi Si Kecil yang memiliki kulit sensitif, agar tidak terjadi alergi yang mengganggu.

Kejadian alergi pada anak semakin meningkat, termasuk alergi pada kulit. Reaksi alergi pada kulit dapat berupa ruam merah gatal, biduran, dan bengkak.

Dermatitis atopik adalah penyakit alergi kulit yang cukup sering terjadi pada bayi dan anak kecil akhir-akhir ini. Penyakit tersebut ditandai dengan ruam merah gatal pada kedua pipi, lipatan lutut, atau lipatan siku. Karena merasa gatal, Si Kecil akan menggaruk dengan semangat sehingga bisa menimbulkan luka yang menjadi infeksi sekunder. Rasa gatal juga dapat mengganggu tidur dan aktivitas Si Kecil.

Jika Si Kecil memiliki kulit yang sensitif, sangatlah penting untuk memilih pakaian yang tepat baginya. Berikut adalah kiat-kiatnya:

  • Usahakan untuk selalu memilih bahan pakaian yang natural (nonsintetis) seperti katun dan bambu. Hindari pemilihan pakaian yang terbuat dari bahan sintesis, misalnya poliester. Bahan-bahan alami lebih baik dalam menyerap keringat, dan umumnya tidak membuat kulit iritasi.

  • Apabila Anda hendak membeli pakaian yang terbuat dari katun, pilihlah satu ukuran yang lebih besar dari seharusnya, karena katun cenderung menyusut setelah pencucian pertama.

  • Hindari membeli pakaian yang terlalu ketat, karena dapat membuat Si Kecil sulit bergerak. Selain itu, gesekan kain dapat menyebabkan kulit mengalami iritasi. 

  • Jika kulit Si Kecil sangat sensitif, ada baiknya Anda mencoba beralih kepada pakaian yang dibuat dari katun organik. Katun pada umumnya terbuat dari kapas yang disemprot dengan pestisida dan zat kimia lainnya agar terhindar dari hama dan penyakit. Zat kimia tersebut dapat menimbulkan reaksi alergi maupun iritasi pada kulit yang sensitif. Sementara itu, katun yang terbuat dari kapas organik bebas bahan kimia, sehingga lebih aman untuk kulit Si Kecil yang sensitif.

Selain pemilihan pakaian, cara merawat pakaian juga tak kalah penting. Cucilah selalu semua pakaian sebelum dipakai. Hindari menggunakan pakaian yang telah lama tidak digunakan atau digantung di dalam lemari sebelum mencucinya kembali.

Di samping itu, cucilah pakaian Si Kecil dengan detergen khusus yang lebih lembut – tidak mengandung pewangi dan pewarna. Ada baiknya juga untuk menggunting label pakaian yang mengganggu dan berisiko membuat kulit Si Kecil gatal serta iritasi.

0 Komentar

Belum ada komentar