Sukses

Detergen Khusus Bayi, Perlu atau Tidak?

Detergen khusus bayi dikatakan lebih lembut bagi kulit Si Kecil. Namun, benarkah ia membutuhkannya?

Kulit bayi dan anak memang lebih lembut, tipis, dan lebih rentan dibandingkan dengan orang dewasa. Atas dasar itulah, akhir-akhir ini banyak tersedia detergen khusus bayi dan anak di pasaran.

Sebagai orangtua, tentu Anda ingin memberikan yang terbaik bagi sang buah hati, termasuk urusan detergen. Namun, bagi orangtua yang tidak menggunakan jasa asisten rumah tangga atau baby sitter, memisahkan cucian dewasa dengan Si Kecil lama-lama terasa merepotkan. Detergen khusus bayi pun umumnya kurang mampu menghilangkan noda membandel di pakaian Si Kecil. Belum lagi dengan harga detergen khusus bayi yang kurang ramah di kantong.

Lama-kelamaan Anda pun bertanya, perlukah menggunakan detergen khusus untuk pakaian bayi dan anak?

Apabila Si Kecil memiliki kulit yang sensitif atau alergi – misalnya dermatitis atopik, yang ditandai dengan ruam-ruam merah gatal di pipi, lipatan lutut, dan lipatan siku – memang sebaiknya Anda menggunakan detergen khusus yang lebih lembut. Biasanya, Si Kecil yang alergi atau sensitif terhadap detergen akan memberikan reaksi berupa ruam-ruam merah gatal pada kulit, terutama pada lipatan-lipatan tubuhnya.

Penting diketahu, detergen khusus bayi tidak boleh mengandung pewarna dan pewangi, karena dua zat tersebut dapat mengiritasi kulit anak yang sensitif. Namun jika Si Kecil tidak mengalami masalah pada kulitnya, Anda boleh saja menggunakan detergen yang biasa digunakan untuk cucian orang dewasa, berapapun usianya.

Jika Anda merasa ragu, Anda dapat menggunakan detergen biasa yang berbentuk cair. Detergen cair lebih mudah dibilas dan tidak meninggalkan residu pada pakaian, sehingga risiko menimbulkan alergi dan iritasi lebih rendah. Sementara detergen bubuk lebih mudah tertinggal pada pakaian dan menimbulkan masalah kulit. Selain itu, dengan menggunakan detergen bubuk, Anda harus membilas dua kali untuk memastikan tidak ada residu yang tertinggal pada pakaian.

0 Komentar

Belum ada komentar