Sukses

Biduran = Alergi Dingin?

Dingin dapat menyebabkan reaksi alergi, mulai dari biduran hingga pingsan. Namun, apakah setiap biduran terjadi karena alergi dingin semata?

Alergi dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Bisa makanan, udara, hingga suhu. Sebagian kecil orang – terutama anak dan dewasa muda – memiliki alergi terhadap suhu dingin. Reaksi alerginya ada yang ringan, sedang, maupun berat.

Gejala alergi umumnya timbul jika orang yang rentan terpapar oleh udara dengan suhu 4oC atau lebih rendah – meskipun ada pula sebagian orang yang dapat tercetus gejala alerginya dengan suhu di atas 4oC.

Jika hanya terpapar suhu dingin, umumnya reaksi yang timbul hanya ringan-sedang, seperti biduran, ruam merah gatal, serta bengkak pada kulit yang terpapar. Namun, berenang di air dingin dapat menimbulkan reaksi pada seluruh tubuh yang berujung kepada gejala yang berat, seperti penurunan tekanan darah, pingsan, syok, hingga kematian.

Untuk memastikan apakah biduran Si Kecil terjadi karena alergi terhadap dingin, Anda dapat memeriksanya dengan meletakkan sebuah es batu di atas kulitnya selama lima menit. Hasil tes positif terhadap alergi dingin jika timbul biduran di kulit setelah es batu tersebut diangkat.

Penanganan Alergi Dingin

Alergi terhadap dingin tidak dapat disembuhkan, namun dapat diatasi dan dihindari. Untuk mengatasi gejala yang ditimbulkan oleh alergi dingin ini, Si Kecil perlu mengonsumsi antihistamin. Obat tersebut dapat dikonsumsi dulu sebelum paparan dengan udara dingin untuk mencegah terjadinya kambuh, namun hal tersebut tidak dapat dijamin 100%. Untuk itu, Anda perlu memastikan agar Si Kecil terhindar dari udara dingin agar gejala tidak kambuh lagi.

Sebisa mungkin, hindarilah tempat dengan suhu yang dingin. Jika terpaksa, pastikan agar Si Kecil mengenakan pakaian tebal dan hangat seperti kaus dan celana tebal panjang, jaket, topi, sarung tangan, dan kaus kaki.

Jika karena satu dan lain hal Si Kecil perlu menjalani prosedur operasi, jangan lupa menginformasikan kepada dokter dan perawat yang menangani Si Kecil mengenai alergi yang dimilikinya, karena ruang operasi memiliki suhu ruangan yang dingin.

Si Kecil juga tidak dapat mengonsumsi minuman yang dingin, karena dikhawatirkan dapat menimbulkan gejala bengkak pada bibir dan pita suara.

0 Komentar

Belum ada komentar