Sukses

Alergi Ayam pada Si Kecil

Alergi ayam memang jarang, namun dapat menimbulkan reaksi yang fatal. Baca selengkapnya mengenai alergi ayam di sini.

Alergi terhadap daging ayam tercatat lebih rendah jika dibandingkan dengan bagian ayam yang lain, seperti telur dan bulu. Contohnya di Amerika Serikat, prevalensi alergi daging ayam hanya sekitar 5-6%.

Meskipun demikian, alergi daging ayam juga dapat menimbulkan berbagai reaksi yang merugikan, bahkan sebagian kecil dapat mengancam jiwa. Reaksi alergi dapat timbul dalam beberapa menit hingga beberapa jam setelah mengonsumsi daging ayam.

Gejala reaksi alergi ayam dapat timbul pada kulit, seperti biduran, ruam merah, atau bengkak pada bibir dan mata. Selain itu, sistem pencernaan dapat terkena pula dan memberikan gejala mual, muntah, nyeri perut, dan diare. Reaksi alergi ini juga dapat memberikan gejala yang mirip dengan flu, yaitu hidung tersumbat dan meler, mata gatal dan berair, batuk, serta sulit bernapas.

Sebagian kecil reaksi dapat menimbulkan gejala yang fatal, yaitu reaksi anafilaksis. Gejala dimulai dari kepala pusing atau terasa ringan, nyeri perut, sesak napas, jantung berdebar, penurunan tekanan darah, penurunan kesadaran, hingga syok. Anafilaksis dapat berakibat fatal, sehingga memerlukan penanganan medis segera.

Untuk memastikan apakah Si Kecil memiliki alergi terhadap daging ayam atau tidak, Anda dapat mencatat segala jenis makanan yang dikonsumsi oleh Si Kecil, beserta jamnya. Jika gejala alergi timbul setelah ia mengonsumsi makanan yang terbuat dari ayam, maka kemungkinan besar ia memang alergi.

Hal ini dapat dipastikan lebih lanjut dengan serangkaian tes, seperti uji cukit kulit atau pemeriksaan IgE spesifik melalui darah. Jika memang positif, Si Kecil harus menghindari makanan yang terbuat dari ayam. Gejala yang sudah terlanjur timbul dapat diatasi dengan obat antihistamin.

Perlu diketahui bahwa obat tersebut tidak dapat menyembuhkan alergi, melainkan hanya meredakan gejala sementara. Jika Anda ingin agar gejala alergi Si Kecil tidak kambuh kembali, ia tidak diperkenankan untuk mengonsumsi daging ayam hingga terbukti ia sudah tidak alergi lagi terhadap makanan tersebut.

0 Komentar

Belum ada komentar