Sukses

6 Cara Mengontrol Pola Makan Saat Stres

Salah satu efek dari stres adalah orang jadi ingin makan terus-menerus, meskipun sebenarnya ia tidak lapar atau bahkan sudah kenyang. Bagaimana cara mengubah kebiasaan buruk ini?

Slim & Fit

KlikDokter.com - Pekerjaan yang mendesak, lembur hingga malam hari, bosan saat macet di jalan, bertengkar dengan pasangan dan hal-hal lain pasti membuat Anda emosi. Makanan pun menjadi pelariannya. Hasilnya timbangan Anda jadi melonjak tak terkira. Anda semakin frustrasi dan Anda pun akan makan semakin banyak. Lantas, bagaimana cara mengontrol pola makan saat Anda sedang stres?

Makan teratur

Melewatkan waktu makan atau membiarkan diri Anda "kelaparan" dapat membuat Anda makan lebih banyak di waktu makan berikutnya dan Anda akan cenderung menyapu bersih semua makanan di depan Anda. Selain itu, ketika Anda sangat melarang diri Anda untuk makan makanan tertentu yang sebetulnya amat Anda sukai, justru akan membuat Anda akan menjadi makan tidak terkontrol. Makan makanan yang tinggi serat dan mengandung protein dapat membuat kadar gula darah Anda tetap normal dan menjaga metabolisme tubuh.

HALT

Setiap kali ingin makan, ingatlah apakah Anda sedang lapar (Hungry), marah (Angry), kesepian (Lonely), atau lelah (Tired). Jika memang Anda memang lapar, maka makanlah sesuatu. Namun jika tidak, pikirkan alasan mengapa Anda ingin makan. Ketahui penyebabnya, apakah Anda sedang kesepian, stres atau sedih. Jangan jadikan makanan sebagai pelarian, karena hal itu justru tidak menyelesaikan masalah Anda dan malah dapat menimbulkan perkara baru.

Minum segelas air putih

Apa hubungannya minum air putih dengan mengontrol pola makan saat stres? Terkadang tubuh Anda "menyalahartikan" bahwa Anda sedang lapar padahal Anda sebetulnya haus. Cobalah minum segelas air putih dan Anda pun akan merasa lebih kenyang, dan tenang tentu saja. Jika Anda tidak menyukai air putih, Anda bisa menambahkan potongan lemon, stroberi, atau buah lainnya.

Bersihkan dapur Anda

Ketika Anda sedang berada di rumah, Anda akan cenderung makan dengan tidak terarah. Terlebih jika segala makanan tersedia di dapur Anda. Oleh karena itu, singkirkan makanan dan camilan yang tidak sehat, kemudian ganti dengan camilan yang lebih sehat seperti buah-buahan atau yoghurt rendah lemak. Hal ini akan membuat Anda lebih bisa mengontrol pola makan Anda.

Bergeraklah

Berolahraga teratur (setidaknya 30 menit setiap harinya) dapat menekan rasa lapar Anda. Namun hindari melakukan olahraga yang berlebihan, karena Anda justru cenderung akan makan tidak terkontrol setelah berolahraga berat sebagai upaya "balas dendam".

"Bersikap baiklah" dengan diri Anda

Mungkin memang sulit untuk mengubah suatu kebiasaan. Namun usahakan untuk tidak menjadikan makanan sebagai pelarian di saat Anda sedang stres atau mengalami situasi yang emosional. Satu hari yang buruk tidak perlu menjadikan Anda merusak pola makan Anda yang sudah telanjur sehat, bukan?

Dengan cara-cara di atas, diharapkan Anda lebih bisa mengontrol pola makan Anda di saat stres melanda. Ketika Anda sedang emosional, ingat bahwa makanan bukan suatu jalan keluar yang instan. Introspeksi diri terhadap masalah yang sebenarnya sedang terjadi, cari penyebab, serta solusi untuk mengatasinya.

0 Komentar

Belum ada komentar