Sukses

Yoga untuk Mengatasi Radang Sendi

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa yoga bermanfaat untuk penderita radang sendi.

H2 Health & Happiness

KlikDokter.com - Yoga adalah olahraga yang berasal dari India. Kata “yoga” berasal dari bahasa Sansekerta yg berarti “menyatukan”. Sesuai dengan artinya, tujuan dari olahraga ini adalah menyatukan pikiran, tubuh, dan jiwa.

Yoga juga memiliki akar spiritual, yang bertujuan untuk membantu pelakunya merasakan kebahagiaan, kebebasan, dan ketenangan. Dengan demikian, yoga diharapkan dapat memperbaiki kesehatan mental, fisik, dan emosional.

Berangkat dari dasar tersebut, telah dilakukan beberapa ratus penelitian yang berkenaan dengan hal tersebut. Studi tersebut menunjukkan bahwa yoga adalah olahraga yang aman dan bermanfaat bagi kesehatan fisik dan psikis penderita radang sendi. Berikut penjelasan lengkapnya:

  • Yoga terbukti dapat meningkatkan kekuatan otot, kelenturan dan  keseimbangan tubuh, serta ketahanan pernapasan. Yoga juga tercatat dapat meringankan nyeri yang dirasakan.
  • Selain itu, yoga juga dapat menumbuhkan perasaan positif dan menurunkan perasaan negatif. Pikiran yang positif dibutuhkan oleh penderita penyakit kronis seperti radang sendi untuk tetap optimis dalam menjalani hidup sehat dan berkualitas.
  • Yoga juga terbukti aman untuk dilakukan oleh penderita radang sendi dan tidak menyebabkan kekambuhan penyakit jika dilakukan dengan benar. Bahkan, para ahli juga menyarankan agar penderita radang sendi rutin berolahraga, bukannya bergaya hidup sedenter (tidak aktif) yang dapat semakin memperparah radang sendi.

Sebelum Anda memutuskan untuk mengikuti kelas yoga, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dulu kepada dokter Anda. Hal tersebut diperlukan untuk mengetahui batasan dan hal-hal yang harus diperhatikan selama Anda berolahraga.

Sangatlah penting bagi Anda untuk membicarakan mengenai keadaan kesehatan Anda dan batasan khusus yang diajukan dokter kepada instruktur yoga Anda. Hal tersebut dapat menurunkan risiko cedera dan hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Beberapa pose yoga yang bermanfaat untuk penderita radang sendi di antaranya child pose, cow pose, angry cat, sun salutation, supine twisting, bridge pose, downward facing dog, dan anjaneyasana.

Jika Anda merasa nyeri, segeralah berhenti dan komunikasikan kepada instruktur dan dokter Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar