Kulit

Kiat Merawat Kulit Kombinasi

dr. Karin Wiradarma, 07 Jan 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Pusing dengan kulit kombinasi Anda? Simak kiat berikut untuk merawat kulit tipe kombinasi dengan benar.

Kiat Merawat Kulit Kombinasi

KlikDokter.com - Selama ini Anda mengenal lima jenis kulit, yaitu normal, berminyak, kering, sensitif, dan kulit kombinasi. Jenis kulit dapat berubah seiring dengan usia. Remaja umumnya memiliki kulit berminyak, sementara orang tua berkulit kering. Jenis kulit ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu kandungan air, minyak, dan sensitivitas.

Kulit kombinasi adalah suatu keadaan di mana terdapat dua tipe kulit dalam satu wajah. Umumnya berminyak di daerah T, dan kering di daerah lainnya. Daerah T mencakup area dahi, hidung, dan dagu.

Masalah yang umumnya dimiliki oleh kulit kombinasi adalah kulit berminyak, mengilap, pori-pori besar, dan komedo di area T, serta kulit kering dan mengelupas pada area wajah lainnya.

Kulit kombinasi dapat disebabkan oleh faktor genetik, kesalahan penggunaan produk perawatan wajah – seperti menggunakan pelembap yang terlalu berminyak atau mengiritasi kulit. Pelembap yang terlalu berminyak dapat membuat kulit lebih berminyak dan menyumbat pori. Sementara itu produk yang iritatif dapat menstimulasi produksi minyak di area T dan membuat kering area lainnya.

Dua sifat yang bertolak belakang tersebut membuat banyak orang kesulitan dalam merawat kulit kombinasi.

Pembersih

Gunakan cairan pencuci wajah dengan formula yang lembut dan larut air yang dapat mencegah iritasi dan kulit kering. Anda dapat memilih pencuci wajah yang berbahan dasar gel atau foam. Jika Anda memakai riasan, gunakanlah lotion pembersih riasan yang ringan dan lembut.

Toner

Pastikan toner yang Anda gunakan tidak mengandung alkohol, mentol, atau pewangi yang berpotensi membuat kulit iritasi.

Tabir Surya

Gunakan tabir surya dengan kandungan titanium dioxide dan/atau zinc oxide yang aman bagi kulit sensitif.

Pelembap

Untuk kulit kombinasi, idealnya Anda menggunakan dua produk yang berbeda untuk tipe kulit yang berbeda pula. Misalnya, pelembap yang lebih kental untuk area kering dan pelembap ringan berbentuk gel yang bebas minyak dan tidak menyumbat pori untuk area T Anda.

kulitKombinasiMerawat KulitCantik SehatKulit. KombinasiKiat Merawat KulitMerawat Kulit KombinasiKiat Merawat

Konsultasi Dokter Terkait