Sukses

6 Aktivitas Seru untuk Menstimulasi Otak Anak

Bingung memilihkan aktivitas untuk Si Kecil yang bermanfaat untuk menstimulasi otaknya? Baca penjelasan dr. Karin Wiradarma di sini.

KlikDokter.com - Otak anak berkembang pesat bagaikan spons yang dapat menyerap berbagai informasi dari lingkungan sekitarnya. Hingga usia 1000 hari pertama, perkembangan otak Si Kecil berada dalam masa emas tumbuh kembangnya.

Melewati usia 1000 hari pertama – walaupun masih berkembang dengan pesat – pertumbuhan sel saraf tidak secepat sebelumnya. Pada masa ini, sel otak sibuk membentuk sinaps (sambungan antar sel saraf) yang akan mempercepat koneksi dan hantaran rangsangan, serta membentuk memori baru.

Perkembangan sinaps tersebut akan semakin terbantu jika Bunda memberikan stimulasi yang tepat kepada anak. Bunda dapat memilihkan beberapa aktivitas untuk anak yang menyenangkan dan bermanfaat.

Menyusun balok

Ajaklah Si Kecil untuk menyusun balok. Ia dapat menyusun bentuk sederhana seperti tiang, kubus, atau bahkan rumah bagi anak yang lebih besar. Permainan ini diharapkan dapat melatih Si Kecil untuk memecahkan masalah, mengenal sebab-akibat, serta fleksibilitas. Mereka juga diajarkan untuk sabar dan terus berusaha hingga tujuannya tercapai.

Bermain puzzle

Berikan puzzle dengan gambar yang menarik untuk disusun oleh Si Kecil. Mulai dari yang sederhana dengan hanya beberapa potongan, hingga ratusan dan berbentuk tiga dimensi untuk anak yang lebih besar. Permainan ini akan menstimulasi Si Kecil untuk berpikir dan memecahkan masalah. Akan terbentuk sinaps baru, atau sinaps yang sudah terbentuk pun dapat diperkuat setiap kali anak berpikir.

Belajar bahasa baru

Banyak penelitian membuktikan bahwa anak yang masih kecil dapat mempelajari bahasa baru dengan lebih cepat dibandingkan ketika mereka sudah lebih besar. Mempelajari bahasa baru dapat merangsang otak yang berkaitan dengan kemampuan verbal dan ruang, serta memperkaya perbendaharaan kata dan meningkatkan kemampuan membaca Si Kecil.

Kelas untuk anak

Bunda dapat memilihkan berbagai les sebagai aktivitas untuk anak, seperti olahraga, les musik, dan kesenian lainnya. Olahraga dapat meningkatkan kemampuan sosial serta keseimbangan dan kemampuan motoriknya. Sementara itu, musik dan seni dapat mengembangkan otak kanan Si Kecil.

Membacakan buku

Pilihlah buku dengan gambar yang besar dan menarik, sehingga Si Kecil tertarik untuk mendengarkan cerita Bunda. Membacakan dongeng bagi Si Kecil akan meningkatkan kemampuan berbahasa, membaca, dan imajinasinya. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas anak yang akan sangat berguna kelak.

Mencoret-coret atau menggambar

Berikan krayon atau pensil warna kepada Si Kecil, serta buku menggambar. Anak yang lebih kecil dapat belajar mewarnai meskipun masih berantakan, sementara anak yang lebih besar dapat mulai menggambar. Aktivitas untuk anak ini dapat menambah pengetahuan tentang warna, merangsang otak kanan, dan meningkatkan kreativitasnya.

0 Komentar

Belum ada komentar