Sukses

Pembersih Rumah yang Aman untuk Anak Alergi

Membersihkan rumah adalah hal yang wajib dilakukan secara berkala. Namun, bagaimana jika bahan pembersih tersebut malah menyebabkan iritasi?

KlikDokter.com - Jika anak Anda memiliki alergi – terutama alergi pernapasan – membersihkan rumah adalah hal yang wajib untuk dilakukan secara berkala. Alergi pada anak memang memerlukan kesigapan dari orangtua untuk meminimalkan alergen di sekitar lingkungan rumah.  Alergen pencetus alergi pada anak dapat berupa debu, tungau, jamur, dan lain-lain.

Namun demikian, bahan pembersih yang digunakan dapat menimbulkan gejala iritasi dari residu yang tertinggal pada perabot rumah tangga Anda. Karena, umumnya bahan pembersih mengandung zat kimia kuat yang malah dapat mencetuskan reaksi iritasi yang gejalanya dapat mirip seperti alergi.

Gejala iritasi yang dapat timbul antara lain adalah bersin, mata gatal dan berair, hidung tersumbat, serangan asma, dan ruam kemerahan pada kulit. Bahan pembersih yang dapat menimbulkan iritasi tersebut adalah yang mengandung bahan kimia, seperti amonia, formaldehid, sodium lauryl sulphate, d-limonene, dan sodium hypochlorite. 

Bahan kimia tersebut umumnya terdapat pada pengilap perabotan kayu, disinfektan, pembersih piring, sabun pencuci baju, dan pelembut pakaian. Alergi pada anak memang membuat orangtua menjadi ekstra hati-hati dalam memilih produk pembersih rumah tangga. Oleh karena itu, bacalah label pada produk pembersih sebelum membeli.

Ada beberapa merek produk pembersih yang menggunakan label produk ramah lingkungan, yang artinya mereka menggunakan bahan yang berasal dari tumbuhan dan sumber yang lebih alami. Dalam kata lain, bahan tersebut memiliki risiko yang lebih rendah dalam menimbulkan iritasi.

Namun, bagaimana jika alergi pada anak masih tetap muncul setelah menggunakan produk pembersih ramah lingkungan tersebut?

Anda dapat membuat produk pembersih sendiri dari bahan-bahan dari dapur, seperti lemon, cuka, dan baking soda. Bahan tersebut lebih alami, murah, dan lebih aman untuk alergi pada anak.

Untuk membersihkan perabotan rumah, Anda dapat mencampurkan cuka sekaligus garam atau membuat air perasan jeruk lemon. Baking soda tanpa campuran apa pun dapat digunakan untuk menghilangkan noda membandel di karpet. Sementara itu, campuran baking soda dan air dapat dipakai untuk membersihkan botol susu bayi.

0 Komentar

Belum ada komentar