Sukses

Ingin Olahraga tapi Sedang Nyeri Otot? Ikuti Langkah-langkah Berikut Ini!

Apakah Anda ingin berolahraga namun Anda sedang mengalami nyeri otot? Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk dapat tetap berolahraga saat nyeri otot menyerang.

KlikDokter.com Merasakan sakit atau nyeri otot setelah olahraga merupakan hal yang wajar, asalkan rasa sakit tersebut berasal dari otot bukan berasal dari tulang. Rasa nyeri otot setelah olahraga disebabkan karena naiknya zat asam laktat dalam otot setelah serat otot rusak saat mengangkat beban yang berat, akibatnya otot mengalami stres.

Rasa nyeri otot biasanya akan timbul keesokan harinya dan akan terjadi selama 3 – 5 hari. Hal ini biasanya baru akan dirasakan satu hari setelah fitnes atau olahraga dan bisa berlangsung paling lama satu minggu.

Ada beberapa cara untuk mengurangi rasa nyeri otot pasca olahraga. Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan setelah nyeri otot pasca olahraga adalah:

1. Pemanasan

Pemanasan sebelum olahraga sangat penting untuk dilakukan. Tidak hanya menyiapkan otot untuk melakukan olahraga berat, tapi juga membuat otot lebih fleksibel sehingga nyeri otot bisa berkurang.

2. Aerobik intensitas rendah

Saat otot masih terasa nyeri, Anda disarankan untuk tetap bergerak. Lakukanlah latihan aerobik ringan untuk membantu melancarkan peredaran darah di sekitar otot yang sakit sehingga rasa sakitnya bisa berkurang. Akan tetapi, ingatlah untuk tidak melakukannya secara berlebihan. Minta instruktur untuk memandu Anda melakukan gerakan yang benar

3. Istirahat

Selalu sediakan waktu untuk istirahat setelah olahraga. Hal ini penting untuk memulihkan otot agar bisa kembali beraktivitas. Anda bisa istirahat dua atau tiga hari, lalu kemudian baru memulai olahraga lagi.

4. Obat Penghilang Rasa Sakit

Jika nyeri otot tak kunjung hilang dan sampai tak tertahankan, Anda bisa meminum obat penghilang rasa sakit. Namun penggunaan painkiller tidak disarankan dalam waktu lama dan tanpa petunjuk Dokter. Selain itu, jangan konsumsi painkiller terlalu sering karena dapat menimbulkan efek jangka panjang yang kurang baik bagi kesehatan Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar