Sukses

4 Kiat Membawa Tas Agar Tidak Nyeri Otot

Tas selalu digunakan oleh Anda guna untuk membawa barang selama bepergian. Berikut 4 kiat yang dapat Anda lakukan agar tidak nyeri otot ketika Anda membawa tas.

KlikDokter.com - Manusia nyaris tidak bisa di pisahkan dengan tas. Ketika kita ingin berpergian ke mana-mana dengan barang bawaan, kita selalu membutuhkan tas untuk dapat membawa barang bawaan yang kita bawa.

Tanpa bantuan tas, Anda tidak akan bisa membawa suatu barang dengan nyaman, sebutuh apapun Anda dengan barang tersebut. Misalnya Anda ingin membawa laptop, jika tidak ada tas laptop, mustahil Anda bisa membawa laptop tersebut dengan nyaman. Demikian juga jika Anda ingin membawa berkas atau fail-fail penting.

Dengan adanya tas, kita bisa membawa berbagai jenis barang yang berbeda dalam satu wadah dengan aman dan praktis. Dengan alasan itu, barang apapun yang kita butuhkan tinggal kita masukkan ke dalam tas, selama tas tersebut muat untuk meletakan barang yang akan kita bawa.

Mungkin inilah pangkal masalah sebenarnya. Bagaimana tidak, barang yang sangat membantu tersebut ternyata jika digunakan secara sembarangan akan memberikan dampak buruk bagi penggunanya. Ganguan kesehatan seperti nyeri punggung, bahu, pinggang, nyeri otot bahu, sampai kelainan bentuk tulang belakang dapat mengancam para pengguna tas jika menggunakannya secara sembarangan.

Sebenarnya, tas tidak akan menimbulkan gejala-gejala nyeri otot seperti di atas selama tas tersebut digunakan secara wajar. Tas memang dirancang sebagai suatu benda yang mampu menampung berbagai macam barang, hanya saja semua jenis tas memiliki masing-masing kapasitas tertentu. Jika tas di gunakan untuk membawa barang yang terlalu banyak, penggunaan tas juga akan mengakibatkan efek samping seperti nyeri otot.

Beberapa kiat yang dapat Anda lakukan jika Anda mengalami nyeri otot bahu karena membawa tas yang memiliki beban berat, antara lain:

1. Bawa bergantian pada bahu

Meletakkan tas hanya pada satu bahu dalam waktu yang lama akan membuat salah satu bahu menjadi berubah posisi normal. Ingatlah untuk mengganti tas Anda di sisi bahu yang berbeda agar tidak hanya satu bahu yang terbebani dalam waktu yang lama. Hal ini bisa membantu Anda terhindar dari rasa nyeri otot bahu.

2. Membawa dua tas

Jika Anda perlu membawa banyak barang, cobalah untuk menghindari memasukkan semua barang ke dalam satu tas. Bila perlu gunakanlah dua tas sehingga Anda bisa membagi beban agar tidak terlalu berat, hal ini sekaligus akan lebih nyaman untuk tubuh.

3. Postur tubuh

Saat membawa tas, jagalah postur tubuh yang baik terutama saat membawa tas dengan beban berat. Para ahli mengatakan bahwa wanita cenderung membuat bahu tegang dan terangkat saat membawa tas. Oleh karena itu, sebaiknya atur postur tubuh tetap santai dan sejajar dengan bahu untuk menghindari terjadinya nyeri otot akibat membawa tas dengan beban berat.

4. Posisikan tas secara diagonal

Tas selempang sebisa mungkin dibebankan ke depan. Jika dibebankan ke salah satu sisi akan memperberat kerja otot di sisi yang sejajar dengan berat tas dan dapat menimbulkan keluhan nyeri otot.

0 Komentar

Belum ada komentar