Sukses

3 Kiat Cegah Sakit Punggung Selama Menyetir Mobil

Apakah Anda sering bepergian jauh menggunakan mobil? Jika iya, berikut kiat yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya sakit punggung selama menyetir mobil.

KlikDokter.com - Sakit punggung adalah keluhan yang hampir dialami oleh sebagian besar orang. Sadar atau tidak, ada beberapa aktivitas harian yang ternyata dapat memicu terjadinya sakit punggung. Duduk atau menyetir dalam waktu lama ketika perjalanan yang panjang sering memunculkan keluhan pada sistem muskuloskeletal.

Keluhan pada sistem muskuloskeletal (otot, tulang) tersebut dapat timbul karena mempertahankan tubuh pada posisi tertentu dalam jangka waktu yang lama, melakukan gerakan repetitif, dan adanya tekanan pada area tertentu. Kondisi tersebut dapat terjadi ketika Anda melakukan perjalanan jarak jauh yang menghabiskan hingga belasan jam.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan guna mencegah terjadinya sakit punggung, yakni:

1. Perbaiki sikap badan

Tetap diam di satu posisi dalam waktu lama adalah penyebab utama timbulnya rasa kaku dan sakit punggung. Saat duduk di depan kemudi mobil, pastikan Anda duduk tegak dengan bantalan kecil pada pinggang.

2. Duduk secara benar

Duduklah di kursi yang dapat menyangga bagian bawah punggung dengan bersandar secara tegak. Duduk di kursi dengan sandaran rendah dan kursi malas dapat menyebabkan timbulnya rasa kaku dan sakit punggung.

3. Menyetir dengan nyaman

Duduk lama dalam posisi membungkuk mengakibatkan sakit punggung. Jok mobil memiliki sandaran tinggi dan dapat diubah atau disesuaikan dengan badan kita. Alat injak pada kaki lebih baik berada tepat di muka kaki dan tidak berada di sudut karena dapat mengakibatkan tulang punggung terpelintir yang berakibat pada terjadinya sakit punggung.

0 Komentar

Belum ada komentar