Sukses

Cegah Anemia dengan Mengonsumsi Vitamin C

Anemia dapat dicegah dengan mengonsumsi vitamin C. Apakah benar demikian? Berikut ulasannya.

KlikDokter.com – Kiat pencegahan anemia sebenarnya sangat banyak dan beragam. Seperti dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, asam folat, vitamin B12 dan vitamin C.

Sayuran daun hijau merupakan salah satu bahan pangan yang baik sebagai sumber vitamin dan mineral, terutama vitamin C, provitamin A, zat besi dan kalsium. Semua zat gizi tersebut mempunyai fungsi penting sebagai pengatur reaksi metabolisme untuk pemeliharaan dan pertumbuhan jaringan tubuh, dan vitamin C mempunyai peranan yang cukup besar dalam membantu penyerapan zat besi dari makanan yang dikonsumsi.

Vitamin C adalah suatu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, karena vitamin C berfungsi membantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh. Tanpa vitamin, manusia, hewan dan makhluk hidup lainnya tidak akan mampu melakukan aktivitas hidup. Selain itu, kurangnya asupan vitamin juga dapat menyebabkan semakin besarnya peluang terkena penyakit pada tubuh kita.

Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai jenis penyakit. Vitamin C juga dikenal dengan nama kimia dari bentuk utamanya, yakni asam askorbat. Vitamin C termasuk golongan vitamin antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas ekstraselular. Beberapa karakteristik vitamin C antara lain: sangat mudah teroksidasi oleh panas, cahaya, dan logam.

Zat besi merupakan mineral yang diperlukan untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Ada dua jenis zat besi yang ditemukan dari makanan, yaitu zat besi heme dan zat besi non-heme. Zat besi heme ditemukan dalam sel darah merah hewan, sedangkan zat besi non-heme bersumber dari tanaman atau sayuran. Zat Besi non-heme akan diserap dengan baik oleh tubuh apabila dikombinasikan bersama dengan vitamin C.

0 Komentar

Belum ada komentar