Sukses

Apa Penyebab dan Solusi Anemia pada Lanjut Usia?

Kenali penyebab anemia yang dapat terjadi pada lanjut usia. Kenali juga solusi untuk anemia pada lanjut usia tersebut. Berikut ulasannya.

KlikDokter.com - Anemia pada lanjut usia dapat disebabkan oleh berbagai   macam faktor, yakni faktor genetik, defisiensi vitamin, defisiensi besi, dan faktor penyakit lain. Penyebab anemia pada lanjut usia yang paling umum adalah penyakit kronik, termasuk inflamasi kronik, keganasan, dan infeksi kronik. Sedangkan Menurut hasil studi NHANES III (National Health and Nutrition Examination Study), terdapat 3 penyebab utama anemia pada lanjut usia, yaitu :

1.  Defisiensi nutrisi / kehilangan darah

2.  Inflamasi / penyakit kronik

3.  Anemia yang tidak dapat dijelaskan (unexplained

Proses menua akan berjalan searah dengan menurunnya kapasitas fungsional, baik pada tingkat seluler maupun tingkat organ. Menurunnya kapasitas untuk melakukan respon terhadap lingkungan internal yang berubah cenderung membuat orang usia lanjut sulit untuk memelihara kestabilan status fisik. Lansia secara progresif akan kehilangan daya tahan terhadap infeksi dan akan semakin banyak distorsi metabolik serta distorsi struktural yang disebut sebagai ”penyakit degeneratif“. Dengan banyaknya distorsi dan penurunan cadangan sistem fisiologis, maka gangguan terhadap sistem hematopoiesis juga akan terjadi.

Tujuan utama pengobatan terhadap pasien anemia adalah untuk mengurangi tanda-tanda dan gejala, memperbaiki etiologi yang mendasarinya (mengembalikan substrat yang dibutuhkan untuk produksi sel darah merah), dan mencegah kambuhnya anemia.

Terdapat beberapa terapi langsung yang ditujukan pada penyebab anemia, yakni:

  1. Transfusi darah
  2. Pemberian kortikosteroid atau obat-obatan lain yang dapat menekan sistem imun
  3. Pemberian eritropoietin atau hormon yang berperan pada proses hematopoiesis dan berfungsi untuk membentuk sumsum tulang pada proses hematopoiesis
  4. Pemberian suplemen besi, vitamin B12 dan vitamin serta mineral lain yang dibutuhkan

0 Komentar

Belum ada komentar