Gigi Mulut

Makanan Nyelip? Hindari Tusuk Gigi!

KlikDokter, 27 Des 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Biasanya orang akan menggunakan tusuk gigi untuk membantu mengeluarkan makanan, namun penggunaan tusuk gigi ini tidak kami sarankan

Makanan Nyelip? Hindari Tusuk Gigi!

Celah antara dua gigi merupakan penyebab terselipnya makanan, dimana celah ini terjadi akibat kontak antara dua gigi atau yang lazim disebut kontak interdental ini bermasalah.

Celah yang terjadi disebabkan beberapa hal seperti:

Lubang pada gigi

- Peregeseran gigi

Gigi tiruan yang tidak tepat design.

Hindari Tusuk Gigi Daging dan sayuran adaah tipe makanan yang berserat sehingga sering kali terselip disela-sela gigi dan terkadang sangat sulit dikeluarkan. Biasanya orang akan menggunakan tusuk gigi untuk membantu mengeluarkan makanan, namun penggunaan tusuk gigi ini tidak disarankan karena dapat merusak gusi. Maka untuk membantu mengeluarkannya dapat menggunakan benang khusus gigi atau dental floss yang tidak akan menyebabkan kerusakan gusi.

Tekanan dengan tusuk gigi yang ditimbulkan oleh makanan yang terselip di antara gigi dan masuk ke saku gusi dapat menyebabkan rasa sakit yang menjalar tidak jelas pada rahang, selain itu timbul juga perasaan ingin mencongkel-congkel gigi serta bau mulut.

Sulitnya makanan yang terselip untuk dikeluarkan menyebabkan makanan itu berada disana dalam waktu yang lama, dan hal itu akan menciptakan  lingkungan yang nyaman bagi perkembangan bakteri dan terbentuknya plak gigi. Bakteri yang berkumpul dan plak yang terbentuk disekitar makanan itulah yang akan menyebabkan keradangan pada gusi

Pada keadaan yang lebih parah terjadi kerusakan serta peradangan jaringan pendukung gigi (jaringan periodontal) dan juga lubang pada akar gigi. Hal lain yang dapat terjadi akibat terselipnya sisa makanan meliputi gusi menjadi turun, abses pada jaringan penyangga gigi, keradangan pada ligamen jaringan penyangga gigi, kerusakan tulang alveolar dan gigi menjadi sensitif terhadap tekanan.

 

A - Z Gigi & MulutMakanan Nyelip? Hindari Tusuk Gigi!

Konsultasi Dokter Terkait