Sukses

Seberapa Sering Kita Harus Menimbang Bayi?

Dengan menimbang bayi, Anda akan mendapatkan berbagai informasi penting mengenai perkembangannya. Simak penjelasan lengkapnya di sini.

KlikDokter.com – Salah satu cara untuk mengetahui perkembangan bayi Anda adalah dengan menimbangnya. Dengan menimbang bayi, Anda dapat melihat laju pertumbuhan fisik maupun status gizi, sehingga dapat mencegah kejadian gizi buruk atau masalah lainnya lebih dini – kecuali terdapat kelainan klinis seperti dehidrasi, tumor, dan lain-lain. Di samping itu, menimbang bayi dapat dipergunakan sebagai dasar perhitungan dosis obat dan makanan yang diperlukan dalam tindakan pengobatan.

Idealnya, menimbang bayi dapat dilakukan sebanyak sekali dalam sebulan. Namun apabila bayi mengalami BBLR (berat badan lahir rendah), sakit atau malnutrisi, berarti mereka harus lebih sering ditimbang.

Untuk referensi peningkatan berat badan bayi, National Center for Health Statistics menyebutkan bahwa berat badan bayi akan meningkat dua kali lipat dari berat lahirnya ketika ia menginjak usia 6 bulan. Dan meningkat tiga kali lipat dari berat lahirnya ketika berusia 12 bulan. Apabila peningkatan berat badannya di bawah angka tersebut, atau berat badannya rendah jika dibandingkan dengan panjang badan dan lingkar kepalanya, maka dapat dicurigai adanya keadaan gagal tumbuh yang perlu segera dicari penyebabnya.

Lalu, hal-hal apa saja yang harus dicermati sebelum menimbang bayi?

  • Bayi harus menggunakan pakaian seminimal mungkin. Tujuannya adalah untuk mendapatkan hasil timbangan yang akurat.
  • Perhatikan jika bayi menggunakan popok basah, celana jin, dan jaket karena dapat menambah berat badan sebanyak 0,5 kg.

Jika berat badan bayi Anda kurang, segeralah membawanya ke posyandu atau rumah sakit untuk diperiksa dan tetap memberikannya ASI sesering mungkin tanpa dijadwal. Untuk memantau kesehatan bayi, Anda juga perlu menimbangnya dengan lebih sering. 

0 Komentar

Belum ada komentar