Sukses

Aturan Pemberian Minyak dalam MPASI

Banyak ibu yang kurang paham mengenai pemberian minyak dalam MPASI. Bagaimana jumlahnya yang tepat untuk makanan Si Kecil? Minyak apa yang baik untuk Si Kecil? Baca penjelasan lengkapnya di sini.

KlikDokter.com – Memasuki usia 6 bulan pada bayi, pemberian MPASI diperlukan untuk menunjang tumbuh kembangnya. Anda harus mulai mencermati makanan yang akan diberikan kepadanya. Tidak saja selektif dalam memilih bahan dan bumbu makanan, Anda juga harus memperhatikan minyak yang akan digunakan. Tambahan sumber zat lemak seperti minyak, santan, dan mentega dapat bermanfaat untuk meningkatkan kalori pada MPASI.

Lemak adalah sumber energi yang penting untuk pertumbuhan susunan saraf. Lemak hewani ditemui pada daging, minyak ikan, kuning telur, dan mentega. Sementara itu lemak nabati didapatkan dari mentega, minyak sawit, kacang tanah, santan, dan kelapa.

Minyak, santan, dan mentega berfungsi sebagai sumber energi dan pelarut vitamin untuk diserap tubuh Si Kecil. Bahkan minyak sayur seperti minyak canola, minyak zaitun, dan minyak jagung mengandung sumber asam lemak esensial – asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6 – yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Untuk menghindari garam, pilihlah mentega yang rasanya tawar. Untuk margarin, carilah yang tidak mengandung lemak trans.

Si Kecil sebaiknya tidak diberikan makanan yang terlalu banyak mengandung minyak, santan, dan mentega secara berlebihan, karena lemak yang dikandung oleh bahan-bahan makanan ini akan memperberat kerja sistem pencernaan bayi.

Namun, mengingat beberapa jenis zat gizi, seperti vitamin A, membutuhkan lemak agar dapat diserap oleh tubuh maka nasi tim saring yang diberikan kepada bayi perlu ditambahkan sumber-sumber lemak. Misalnya, untuk usia bayi sepuluh bulan, nasi timnya dapat ditambahkan satu sendok teh minyak atau margarin.

Minyak yang baik untuk ditambahkan ke dalam MPASI di antaranya minyak canola, minyak zaitun, dan minyak kelapa. Canola adalah sumber alfa linoleat yang sangat baik bagi perkembangan otak Si Kecil. Sementara, minyak zaitun mengandung asam lemak yang juga ditemukan pada ASI, sehingga dapat membantu Si Kecil tumbuh dan berkembang secara optimal.   

0 Komentar

Belum ada komentar