Sukses

3 Jenis Ikan yang Aman untuk Bayi

Memasuki masa MPASI, bayi mulai dapat diperkenalkan dengan berbagai jenis makanan, termasuk ikan. Namun, ikan apa yang baik serta aman untuknya?

KlikDokter.com – Ikan merupakan salah satu nutrisi yang penting bagi bayi. Kandungan gizi di dalamnya bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan otak sekaligus mempertajam penglihatan. Selain itu, ikan dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi Anda.

Jenis-jenis ikan yang aman untuk bayi berusia 6 bulan, di antaranya:

1. Salmon

Jenis ikan laut ini mengandung lemak tak jenuh omega-3, yang direkomendasikan bagi perkembangan otak bayi.

2. Tuna

Tidak berbeda dengan salmon, ikan ini juga mengandung DHA yang tinggi. DHA merupakan salah satu jenis dari omega-3.

3. Sarden

Sarden juga memiliki omega-3 yang sangat baik untuk tumbuh kembang bayi.

Meskipun ikan sangat baik untuk tumbuh kembang bayi, namun tidak semua bayi dapat diberikan langsung MPASI dengan menu ikan. Beberapa bayi kemungkinan akan mengalami alergi, sehingga penting bagi Anda untuk membuat jurnal yang mencatat menu makanan bayi – untuk mengidentifikasi alergi yang terjadi padanya.

Pemberian MPASI yang berbahan ikan dapat Anda lanjutkan apabila bayi tidak mengalami alergi. Ikan air tawar atau beberapa ikan laut seperti salmon, tuna, dan sarden baik dikenalkan pada bayi karena kandungan merkurinya yang rendah. Berbeda dengan kerang, cumi-cumi, dan udang – tiga jenis makanan laut ini dapat dikenalkan saat bayi berusia 1 tahun.

0 Komentar

Belum ada komentar