Sukses

Selain Lezat, Kacang Hijau Juga Bermanfaat untuk Si Kecil

Jangan lupakan kacang hijau dalam MPASI Si Kecil, apalagi melihat manfaatnya yang melimpah ini.

KlikDokter.com - Kacang hijau merupakan tanaman sejenis palawija dari golongan polong-polongan. Tanaman ini sering diolah untuk dijadikan bubur kacang hijau atau hanya diambil air rebusannya. Karena itu, kacang hijau sangat pas untuk dimasukkan ke dalam menu makanan pendamping ASI. Lalu, kandungan apa saja yang terdapat dalam kacang hijau? Dan apa manfaat kacang hijau untuk kesehatan Si Kecil?

  • Vitamin

Kacang hijau sangat kaya akan vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B3, dll. Vitamin sangat penting untuk membangun sistem kekebalan tubuh Si Kecil. 

  • Karbohidrat

Karbohidrat yang terdapat di dalam kacang hijau memiliki energi sebanyak 31 kalori tiap 100 gram. Fungsi utama karbohidrat adalah sebagai bahan dasar kalori atau energi untuk Si Kecil.

  • Serat

Kandungan serat sangat membantu dalam melancarkan pencernaan Si Kecil, termasuk mencegah sembelit.

  • Protein

Protein tertinggi dari kacang hijau merupakan sumber protein nabati. Protein memegang peranan penting untuk tumbuh kembang seorang anak, agar tidak mengalami hambatan. 

  • Mineral

Banyak sekali kandungan mineral yang terdapat pada kacang hijau, seperti besi, magnesium, selenium, seng, potasium dan mangan. Mineral sangat baik untuk pemeliharaan kesehatan dan pencegahan penyakit.

  • Antioksidan

Kandungan antioksidan yang tinggi pada kacang hijau dapat membantu menangkal radikal bebas dan memperkuat daya tahan tubuh Si Kecil.

0 Komentar

Belum ada komentar