Mata

5 Nutrisi untuk Kesehatan Mata

Klikdokter, 15 Des 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tidak dapat dipungkiri, apa yang kita makan menentukan status kesehatan tubuh kita. Termasuk diantaranya adalah kesehatan mata kita. Berikut ini ada sejumlah nutrisi yang menentukan status kesehatan mata Anda.

5 Nutrisi untuk Kesehatan Mata

KlikDokter.com – Tidak dapat dipungkiri, apa yang kita makan menentukan status kesehatan tubuh kita. Termasuk diantaranya adalah kesehatan mata kita. Berikut ini sejumlah nutrisi yang menentukan status kesehatan mata Anda pada khususnya.

Antioksidan

Antioksidan tidak hanya memberikan manfaat mencegah kanker dam membantu mencegah penuaan dini, tetapi juga bermanfaat untuk membantu kesehatan mata Anda.

Vitamin A, vitamin C dan citamin E merupakan nutrisi-nutrisi yang kaya akan antioksidan. Karena dengan antioksidan, kesehatan mata akan terdukung dan mencegah gangguan mata terkait dengan pertambahan usia (penuaan) dan penyakit mata lainnya.

Di samping zat antioksidan, Anda juga perlu memperhatikan asupan selenium dan zinc guna mengoptimalkan proses penyerapan antioksidan yang diperlukan.

Sumber antioksidan dapat diperoleh dari buah dan sayur dengan warna cerah, seperti wortel, labu, ubi jalar, anggur, jeruk, dll. Konsentrasi antioksidan lebih melimpah dalam bentuk mentah. Namun untuk memudahkan, berikut ini adalah nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan mata dan makanan sumber perolehan idealnya:

1. Vitamin A

Kaya dikandung oleh hati, telur serta sayuran seperti wortel ataupun bayam.

Selain untuk proses antioksidasi dari vitamin A, vitamin A penting dalam menunjang fungsi retina yang dapat membantu mata dalam proses beradaptasi dengan cahaya terang dan gelap.

Tidak hanya itu, vitamin A memiliki juga mencegah dan menurunkan risiko terjadinya katarak dan degenerasi macular terkait usia.

2. Vitamin C

Memiliki sederet manfaat yang salah satunya untuk menjaga kesehatan mata.

Antioksidan yang dimilikinya dapat mencegah terjadinya katarak dan kerusakan mata akibat penuaan (degenerative macular).

Vitamin C untuk mata bisa Anda dapat dari Stroberi, jeruk, paprika dan brokoli.

3. Vitamin E

Senada dengan vitamin A dan vitamin C, vitamin E dapat bermanfaat untuk kesehatan mata karena membantu memperlambat perkembangan katarak.

Vitamin E bisa didapat dari kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau. Meskipun tidak sebanyak di sayuran berwarna hijau, vitamin E juga terdapat di telur, susu ati ampela dan minyak zaitun.

4. Selenium dan zinc

Selenium dan zinc untuk kesehatan mata seolah tidak 

dapat dipisahkan. Pasalnya, dengan kedua mineral Inilah proses terjadinya oksidasi terjadi. Kedua zat mineral ini memegang peran kunci untuk penyerapan zat antioksidan dalam makanan. Selenium dijumpai pada makaroni dan keju. Sementara zinc ditemui di keju, yogurt, daging merah, dan beberapa sereal yang diperkaya dengan mineral zinc.

Nutrisi Untuk Mata5 Nutrisi Untuk Kesehatan Mata

Konsultasi Dokter Terkait