Diet dan Nutrisi

Batasi Bumbu Penyedap Mulai dari Sekarang!

dr. Muhammad Anwar Irzan, 10 Des 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Apa saja bahaya terlalu banyak mengonsumsi bumbu penyedap? Baca lebih lanjut di sini.

Batasi Bumbu Penyedap Mulai dari Sekarang!

KlikDokter.com - Bumbu penyedap yang saat ini banyak digunakan oleh ibu rumah tangga ataupun restoran mengandung kadar natrium yang tinggi. Natrium merupakan bentuk dari garam. Apabila Anda ingin lebih sehat, menghindari konsumsi makanan yang mengandung bumbu penyedap yang tinggi bisa menjadi salah satu solusi.

Konsumsi garam yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 2,400 mg per hari, dan bagi orang yang berisiko tinggi angka ini menjadi semakin kecil yaitu 1.500 mg per hari.  Namun sebenarnya, tubuh hanya membutuhkan natrium sekitar 500 mg per hari.

Diet rendah natrium memiliki efek yang berguna untuk mengurangi tekanan darah, baik pada orang dengan hipertensi dan pada orang dengan tekanan darah normal. Diet rendah garam pada orang hipertensi dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 5 mmHg dan tekanan darah diastolik sebesar 2,70 mmHg. Pada orang dengan tekanan darah normal, penurunan tekanan darah sistolik adalah 2,03 mmHg dan tekanan darah diastolik sebesar 0,99 mmHg.

Natrium dapat ditemukan pada sebagian besar makanan. Bentuk yang paling umum dari natrium klorida adalah natrium, yang merupakan garam meja. Susu dan dan seledri secara alami juga mengandung natrium.

Selain itu, natrium biasa ditambahkan ke berbagai produk makanan. Beberapa di antaranya adalah monosodium glutamate (MSG), natrium nitrit, natrium sakarin, baking soda (natrium bicarbonate), dan natrium benzoat. Mereka  adalah bahan dalam bumbu seperti saus, kecap, garam bawang, garam bawang putih, dan kaldu.

Daging olahan seperti sosis dan ham adalah contoh makanan yang banyak mengandung natrium. Makanan cepat saji umumnya sangat tinggi natrium, begitu pula dengan makanan olahan seperti keripik kentang.

Oleh karena itu, untuk mencapat tujuan sehat Anda, batasi segera makanan dengan bumbu penyedap yang kadarnya tinggi!

NEWSbumbuPenyedapBumbu PenyedapBatasi BumbuBatasi Bumbu PenyedapBumbu Penyedap Mulai Dari

Konsultasi Dokter Terkait