Kesehatan Anak

Penanganan untuk Si Kecil yang Alergi Serangga

dr. Karin Wiradarma, 08 Des 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Si Kecil mudah timbul bentol-bentol merah yang sukar hilang jika digigit serangga? Mungkin ia alergi terhadap gigitan serangga.

Penanganan untuk Si Kecil yang Alergi Serangga

KlikDokter.com - Digigit serangga seperti nyamuk, semut, dan menimbulkan bentol kecil yang sedikit gatal merupakan hal yang lumrah terjadi pada Si Kecil yang aktif. Namun jika Si Kecil sangat sering mengalami bentol-bentol yang sangat gatal, sering digaruk, dan bekasnya sulit hilang, kemungkinan ia sensitif terhadap gigitan serangga (insect bite allergy).

Gigitan serangga umumnya menyerang bagian tubuh yang tidak tertutup oleh pakaian, seperti lengan, tungkai, dan wajah. Hal yang akan memperparah insect bite allergy adalah garukan. Anak yang kulitnya sensitif akan merasa gigitan serangga ini lebih gatal dibandingkan dengan anak lain yang tidak. Sehingga, ia akan menggaruk dengan lebih bersemangat dan menimbulkan luka yang dapat terinfeksi. Luka tersebut juga akan meninggalkan bekas yang lebih sulit hilang.

Untuk menghindarkan terjadinya infeksi dan bekas luka yang dapat membuat pengobatan menjadi lebih kompleks, usahakan agar Si Kecil tidak menggaruk. Memang hal ini sulit dilakukan, tapi harus diusahakan.

Penanganan Gigitan Serangga

Jika Si Kecil digigit oleh serangga, hindarkan ia dari menggaruk dengan memberikan kompres dingin, bedak dingin, atau produk yang mengandung losio kalamin. Sensasi dingin akan mengurangi rasa gatal sehingga meminimalkan garukan.

Jika masih belum membantu, dokter dapat memberikan obat antihistamin yang dapat mengurangi reaksi alergi dan sensasi gatal yang dialami Si Kecil. Apabila sudah terlanjur terjadi luka, Anda dapat membersihkan luka dengan cairan antiseptik, dan dokter akan memberikan pengobatan dengan salep antibiotik. Jika luka tersebut berjumlah banyak, Si Kecil harus mengonsumsi antibiotik minum.

Bekas luka sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun tentunya memerlukan waktu. Jika Anda menginginkan bekas luka hilang lebih cepat, setelah luka sembuh serta reaksi alergi dan gatal reda, dokter dapat memberikan krim untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam.

Mencegah Gigitan Serangga

Untuk mencegah gigitan serangga, oleskan krim penolak serangga terutama pada bagian tubuh yang terbuka. Saat hari sudah gelap atau ketika Si Kecil akan pergi tidur, pakaikan ia baju lengan panjang, celana panjang, dan kaus kaki. Saat akan bepergian ke luar rumah, apalagi bermain di taman, gunakanlah sepatu tertutup.

Untuk meminimalkan serangga masuk ke dalam rumah, pasanglah kawat nyamuk dan kelambu pada ranjang Si Kecil. Jika Anda memelihara hewan, pastikan agar binatang kesayangan keluarga sehat dan bebas dari kutu.

kecilSi kecilSerba-Serbi Alergi AnakSi Kecil Yang AlergiAlergi SeranggaPenanganan Untuk Si KecilSi Kecil Yang Alergi SeranggaAlergi

Konsultasi Dokter Terkait