Kehamilan

Makanan Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

dr. Dina Kusumawardhani, 08 Des 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Makanan apa saja yang dapat menambah darah ibu hamil? Berikut Penjelasannya.

Makanan Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

KlikDokter.com - Ibu hamil sering menderita kurang darah atau anemia. Anemia pada ibu hamil adalah adanya penurunan sel darah merah dari nilai normal 

  • Sayur-sayuran

Sayur-sayuran yang memiliki nutrisi tinggi adalah sayuran yang berdaun hijau seperti bayam dan brokoli. Kedua sayuran ini sudah banyak diketahui merupakan makanan yang mengandung zat besi dan asam folat yang penting bagi ibu hamil.

  • Buah-buahan

Buah-buahan yang baik untuk ibu hamil adalah buah-buahan yang mengandung banyak vitamin, baik vitamin A, vitamin B, ataupun vitamin C. Buah yang sering dijadikan rekomendasi adalah buah pisang, karena buah pisang memiliki kandungan zat besi dan mineral yang tinggi.

  • Daging

Daging merupakan menu yang paling mudah ditemui dan banyak mengandung zat besi. Kandungan zat besi pada daging lebih efisien dan lebih tinggi dibandingkan sumber zat besi nabati.

  • Kurma

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kurma merupakan makanan yang dapat meningkatkan produksi hemoglobin. Anjuran untuk memakan 2 butir kurma setiap hari saat hamil sebaiknya dilaksanakan.

  • Madu

Madu memiliki kandungan zat besi yang baik untuk ibu hamil. Madu dapat dikombinasikan dengan buah-buahan sehingga meningkatkan kesehatan ibu hamil

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang baik untuk ibu hamil adalah kacang almond, karena kacang almond memiliki kandungan zat besi yang penting untuk ibu hamil

  • Jeruk

Kandungan vitamin C pada jeruk dapat meningkatkan penyerapan zat besi

  • Oatmeal dan havernmut

Belakangan ini, oatmeal dan havenrmut semakin banyak dikonsumsi, karena selain mudah didapatkan, oatmeal dan havernmut juga mudah dicerna. Selain itu, oatmeal dan havernmut mengandung mineral yang baik untuk ibu hamil.

Selain makanan-makanan diatas, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi untuk dapat memenuhi asupan makanan untuk dapat memenuhi nutrisi guna mencegah dan mengobati anemia, khususnya pada ibu hamil dan penyandang anemia yang memiliki penyakit lain seperti diabetes. Selain itu, perlu juga diperhatikan makanan yang dapat mengganggu penyerapan zat besi, asam folat dan mineral seperti kopi dan teh. Ibu hamil juga harus terhindar dari rokok dan asap rokok. Untuk dapat memiliki anak yang sehat dengan tumbuh kembang yang baik, ibu hamil dapat memulainya dengan memperhatikan pola hidup sehat dan konsumsi makanan yang sehat pada saat kehamilan.

darahmakananPenambah DarahPenanganan AnemiaMakanan Penambah DarahUntuk Ibu HamilIbu HamilHamil

Konsultasi Dokter Terkait