Sukses

Tips Mencegah Anemia pada Ibu Hamil

Anemia pada ibu hamil merupakan hal yang sering terjadi. Berikut tips mencegahnya.

KlikDokter.com - Kehamilan merupakan masa yang membahagiakan bagi setiap ibu. Namun demikian, ibu hamil juga memiliki risiko untuk dapat terganggu kondisinya, baik kondisi ibu ataupun janinnya. Salah satu gangguan ibu hamil yang cukup sering terjadi adalah anemia. Seperti yang diketahui bahwa anemia merupakan kondisi dimana adanya penurunan sel darah merah atau hemoglobin dari nilai normal. Kondisi ini tentu perlu dicegah dan dihindari untuk mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil, karena anemia pada ibu hamil dapat berbahaya bagi ibu dan janin, sebab, anemia dapat meningkatkan kejadian kematian pada ibu dan janin serta dapat menyebabkan penyakit lainnya yang dapat mempengaruhi ibu dan janin. Anemia pada ibu hamil harus dapat dicegah dengan sebaik-baiknya, berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk dapat mencegah anemia pada ibu hamil:

1. Melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin (antenatal care)

Kontrol kehamilan merupakan salah satu cara pencegahan anemia pada ibu hamil yang paling baik. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memeriksakan diri dari mulai sebelum hamil, selama hamil sampai menjelang persalinan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang lainnya. Dengan melakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala, maka gangguan kehamilan seperti anemia pada ibu hamil ataupun gangguan-gangguan lain yang dapat membahayakan ibu dan janin dapat dideteksi sejak dini.

2. Konsumsi makanan tinggi zat besi yang cukup

Zat besi memiliki peranan penting selama kehamilan, khususnya pada pasien dengan anemia. Zat besi bisa didapatkan dari makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti daging, kacang-kacangan, sayuran dan buah.

3. Konsumsi asam folat

Asam folat dapat mudah ditemukan pada makanan seperti Jeruk, pisang dan sayur-sayuran. Selain itu, asam folat juga bisa didapatkan dari suplemen asam folat yang diberikan oleh dokter dalam bentuk tablet dan dapat dikonsumsi sebelum kehamilan.

4. Konsumsi Vitamin B12 dan Vitamin C

Vitamin B12 dan Vitamin C memiliki peran penting dalam meningkatkan kadar zat besi dan sel darah merah dalam tubuh. Vitamin-vitamin tersebut dapat ditemukan pada susu dan makanan lain seperti jeruk dan lainnya. Selain itu, vitamin tersebut juga dapat ditemukan pada suplemen vitamin tambahan.

5. Menilai kondisi dan gejala

Jika anda memiliki gejala yang berhubungan dengan anemia seperti mudah lelah, pucat pada kelopak mata, ujung jari dan wajah, Anda dianjurkan untuk segera memeriksakan diri kedokter. Dengan melakukan pemeriksaan sejak dini maka akan diketahui apakah kondisi tersebut berkaitan dengan anemia atau penyakit lainnya.

Dengan melakukan tindakan yang tepat, ibu hamil dapat memiliki nilai darah merah atau hemoglobin yang normal, sehingga dapat menjaga kondisi ibu dan janin tetap sehat dan kuat sehingga tidak mudah terkena infeksi, bahkan mampu menurunkan risiko kematian. Anemia pada ibu hamil dapat dicegah apabila dapat dideteksi sejak dini sehingga tidak akan terjadi komplikasi lanjutan. Oleh karena itu, perlu adanya dukungan yang baik dari ibu, keluarga dan tenaga kesehatan dalam mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil sehingga dapat menjaga kondisi ibu dan janin agar tetap sehat. Karena kondisi ibu dan janin yang sehat berpengaruh terhadap kualitas hidup ibu dan janin dimasa mendatang.

0 Komentar

Belum ada komentar