Sukses

Perut Kembung Dapat Menimbulkan Gejala Penyakit Serius, Benarkah?

Benarkah perut kembung dapat menimbulkan gejala penyakit serius? Simak ulasannya oleh dr. Mega Putri berikut.

KlikDokter.com - Perut kembung adalah suatu kondisi di mana perut terasa tidak nyaman, penuh gas, dan dapat terlihat buncit. Kembung pada perut merupakan gejala yang sering dikeluhkan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Perut kembung juga dapat mengganggu aktivitas penderitanya saat bekerja maupun saat melakukan kegiatan lainnya. Penyebab perut kembung sangat beraneka ragam, dimulai dari kondisi yang ringan sampai kondisi yang berat seperti kanker.

Bagaimana mengetahui apakah perut kembung yang Anda alami merupakan kondisi yang serius dan mengkhawatirkan? Terdapat beberapa tanda dan gejala yang merupakan kondisi serius dari perut kembung, yakni:

1. Berat badan turun

Jika Anda kehilangan berat badan >10% tanpa mengubah diet, olahraga dan aktivitas Anda disertai dengan kondisi perut kembung, Anda harus segera memeriksakan keadaan tersebut ke dokter. Berat badan yang turun dapat disebabkan oleh tumor yang menekan usus , membuat Anda merasa kenyang, atau dari zat yang disekresikan oleh tumor yang menekan nafsu makan Anda.

2. Asites

Asites adalah penumpukan cairan abnormal di rongga perut yang dapat menyebabkan perut kembung dan berat badan serta ukuran pinggang bertambah besar. Asites biasanya disebabkan oleh penyakit hati seperti hepatitis, kanker hati, ataupun kanker yang menyebar ke hati.

3. Nyeri perut

Nyeri perut yang hebat disertai dengan perut kembung yang terjadi secara tiba-tiba, terutama jika Anda juga mengalami kondisi mual dan muntah, mungkin menjadi tanda terjadinya obstruksi/penyumbatan usus yang disebabkan oleh perlengketan atau tumor yang menekan usus. Pertolongan medis adalah suatu keharusan untuk menghindari komplikasi seperti perforasi usus yang bisa berakibat fatal. 

4. Perdarahan pada vagina ataupun saat BAB

Perdarahan pada saat BAB disertai dengan perut kembung harus segera dievaluasi, karena hal ini dapat menjadi tanda suatu penyakit yang serius seperti kanker usus besar. Selain itu, adanya darah yang keluar dari vagina juga harus mendapat pemeriksaan lebih lanjut, karena dapat mengarah pada terjadinya kanker rahim.

5. Demam

Demam yang disertai dengan perut kembung biasanya disebabkan oleh adanya infeksi atau peradangan. Jika jumlah sel darah putih meningkat, infeksi harus segera diobati. Kondisi ini dapat berasal dari adanya infeksi pada sistem pencernaan, organ panggul, dan saluran kemih.

0 Komentar

Belum ada komentar