Sukses

Mandi Air Dingin Redakan Cedera, Benarkah?

Ketika Anda mengalami cedera seperti keseleo, tentu Anda akan merasakan sensasi yang nyeri bukan? Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Apakah benar dengan mandi air dingin dapat meredakan cedera? Yuk, kita cari tahu lebih lanjut mengenai hal ini

KlikDokter.com – Seringkali seseorang beranggapan bahwa mandi air dingin dapat meredakan nyeri akibat cedera. Namun bukan mandi air dingin yang sebenenarnya meredakan nyeri akibat cedera, melainkan suhu dingin dari air yang dapat mengurangi rasa nyeri pada cedera. Mandi air dingin bukanlah metode yang tepat dalam mengurangi rasa nyeri. Jika Anda mengalami keseleo, kompreslah daerah yang nyeri menggunakan kompres dingin. Jadi, bukannya dengan mandi air dingin, melainkan dengan mengompres daerah yang nyeri dengan kompres dingin, misalnya dengan menggunakan air dingin ataupun es batu. Selain itu, cobalah angkat daerah yang mengalami cedera dan istirahatkan sesaat. Hal ini dilakukan agar rasa nyeri dapat berkurang.

Bagaimana kompres dingin dapat mengurangi nyeri?

Kompres dingin dapat mengurangi rasa nyeri pada cedera melalui berbagai cara. Salah satu mekanismenya adalah bahwa kompres dengan menggunakan air dingin atau es menyebabkan penyempitan pembuluh darah pada daerah yang meradang sehingga dapat menurunkan peradangan yang terjadi. Dengan penyempitan pembuluh darah, maka berbagai sel radang yang seharusnya mengalir ke daerah luka akan terhambat dan peradangan akan berkurang.

Karenanya, terdapat beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa nyeri akibat keselo, terkilir atau patah tulang. Pertolongan pertama pada keadaan tersebut disingkat dengan istilah RICE (Rest, Ice, Compression, and Elevation), berikut penjelasannya:

  • R (Rest)

Istirahatkanlah kaki atau daerah yang cedera dan jangan digunakan untuk banyak melakukan aktivitas. Jika terjadi patah tulang, maka istirahatkan daerah yang terkena dampak tersebut.

  • I (Ice)

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa salah satu cara sederhana yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengompres daerah cedera dengan kompres es. Ambil handuk kecil dan taruhlah beberapa bongkah es, lalu lilitkan dengan handuk Anda. Gunakan handuk yang sudah dililitkan dengan es tersebut untuk mengompres daerah yang cedera. Kompreslah selama 20 menit dan diulangi setiap jam selama 1-2 hari.

  • C (Compression)

Penekanan pada daerah yang keseleo dapat dilakukan dengan perban elastis. Hal ini dilakukan untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi.

  • E (Elevation)

Angkatlah daerah yang mengalami cedera agar meningkatkan aliran balik darah Anda. Hal ini bertujuan untuk mengurangi pembengkakan yang dapat terjadi.

Kesimpulannya, bukan mandi air dingin yang menyebabkan redanya cedera seseorang, tetapi air dinginlah yang dapat menjadi suatu media untuk meredakan cedera. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan hasil maksimal dalam meredakan cedera gunakanlah kompres dingin dengan menggunakan air dingin ataupun es.

0 Komentar

Belum ada komentar