Sukses

Benarkah Kangkung Sebabkan Kantuk?

Pernahkah anda mengonsumsi kangkung? Bagaimana reaksi Anda setelah mengonsumsi kangkung? Apakah benar setelah mengonsumsi kangkung Anda akan mengantuk? Berikut ulasan lengkapnya.

KlikDokter.com - Kangkung menjadi sayuran yang populer di masyarakat Indonesia. Kangkung mudah didapat, mudah diolah dan harganya relatif murah. Hal inilah yang menjadikan kangkung sayuran favorit yang digunakan sebagai bahan masakan keluarga masyarakat Indonesia. Tetapi ada satu hal tentang kangkung yang menjadi perdebatan, yakni efek kantuk yang ditimbulkan setelah makan kangkung. Apakah hal tersebut benar? Dan Bagaimana penjelasan sebenarnya?

Belum ada penelitian ilmiah yang dilakukan untuk meneliti keberanan tersebut. Hipotesis yang beredar saat ini hanyalah tentang kandungan pada kangkung yang diduga menjadi penyebab kantuk setelah mengonsumsinya. Kandungan kangkung yang diduga dapat membuat seseorang menjadi rileks adalah senyawa triptofan. Triptofan adalah protein yang digunakan untuk memproduksi serotonin pada tubuh. Serotonin adalah suatu neurotransmitter yang digunakan tubuh untuk memperlambat kerja saraf otak yang pada akhirnya membuat efek relaks pada tubuh.

Namun analisis lain menganggap bahwa efek kantuk pada kangkung adalah efek kantuk secara alami yang dialami manusia pada siang hari dan hal inilah yang menjadikan efek kantuk setelah makan kangkung menjadi belum jelas.

Efek kantuk pada kangkung kemungkinan merupakan suatu hal yang relatif, tidak semua orang mengalami efek yang sama setelah mengonsumsi kangkung dalam porsi yang sama. Hal ini mungkin juga terjadi pada kondisi ketika Anda mengonsumsi kopi. Untuk beberapa orang efeknya begitu kuat hanya dengan mengonsumsi secangkir kopi, namun tidak berlaku pada beberapa orang yang butuh lebih dari satu cangkir kopi untuk mendapatkan efek kafein yang diinginkan.

Selain kangkung, ada beberapa makanan lain yang juga dianggap memiliki efek kantuk setelah mengonsumsinya, misalnya produk olahan susu seperti keju ataupun produk olahan kedelai seperti susu kedelai, tahu atau kacang kedelai.

0 Komentar

Belum ada komentar