Sukses

MSG Berbahaya, Benarkah?

Makanan akan terasa hambar bila tidak menggunakan MSG. Namun, apakah MSG aman bila di konsumsi secara terus-menerus? Berikut ulasannya.

KlikDokter.com – Monosodium Glutamate atau MSG dikenal sebagai penyedap makanan yang menjadi favorit beberapa restoran sebagai bahan tambahan dalam menu masakan mereka karena MSG memberikan rasa gurih pada makanan sehingga makanan yang disajikan menjadi lebih lezat.

MSG bisa memberikan rasa gurih pada makanan karena MSG terdiri dari campuran sodium dan asam amino glutamat. Jika dipadukan, zat-zat tersebut membentuk suatu efek penguat rasa yang sangat kuat sehingga mampu mengubah hampir semua rasa makanan yang hambar menjadi lezat.

Banyak orang membayar lebih untuk merasakan kenikmatan makanan.  Namun, jika kenikmatan rasa tersebut didapatkan karena adanya campuran MSG, maka terdapat hal lain yang menyertai kenikmatan makanan tersebut seperti sakit kepala dan nyeri leher yang dapat menjalar hingga lengan maupun punggung. Selain itu, adapun gejala lain yang ditimbulkan akibat mengonsumsi MSG seperti gejala sakit kepala ringan hingga berat, perubahan suasana hati, lemas, kesemutan, sensasi terbakar dan jantung berdebar. Walaupun gejala-gejala tersebut terkadang hanya bersifat sementara, namun orang yang mengalami gejala tersebut akan menjadi sangat tidak nyaman. Oleh karena gejala yang ditimbulkan oleh MSG cukup luas, maka munculah sebutan “Sindrom restoran Cina” karena pada umumnya restoran Cina menyajikan makanan yang gurih.

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa mereka mengalami gejala kecanduan MSG dan gejala hipersensitif yang disebabkan oleh MSG. Hal ini membuat sulitnya  menentukan dengan tepat berapa banyak orang yang sensitif terhadap MSG.

Akan menjadi sebuah solusi yang sangat baik khususnya bagi Anda yang sensitif terhadap MSG untuk mengurangi asupan atau bahkan tidak sama sekali menggunakan MSG dalam campuran makanan. Hal tersebut disebabkan karena dokter belum dapat menetapkan kadar yang aman terkait dengan konsumsi MSG, karena kadar aman konsumsi MSG sangat bervariasi pada tiap orang. Secara umum, semakin besar jumlah MSG yang Anda konsumsi, maka semakin besar kemungkinan Anda akan mudah untuk merasakan gejala-gejala yang dapat muncul hanya beberapa menit setelah mengonsumsi MSG, terutama bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, sudah menjadi suatu keharusan untuk membatasi asupan MSG.

0 Komentar

Belum ada komentar