Sukses

Anda Sering Pusing? Kenali Jenis dan Penyebabnya!

Kenali gejala pusing yang Anda alami. Sebab pusing bisa berbahaya bagi Anda.

KlikDokter.com - Pusing adalah gejala umum yang biasanya bukan merupakan tanda dari sesuatu yang serius. Tetapi hal tersebut harus tetap diselidiki lebih lanjut oleh dokter terkait penyebab yang mungkin disebabkan pusing.

Istilah pusing digunakan untuk menggambarkan perasaan kehilangan keseimbangan. Sementara itu, ada juga yang mengartikan istilah pusing sebagai gambaran dari perasaan bahwa lingkungan di sekitar mereka berputar. Gejala yang timbul akibat pusing dapat terlihat dengan jelas dan dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, namun bukan hal yang mudah untuk mengidentifikasi penyebab utama dari pusing.

Kapan waktu yang tepat untuk mengunjungi dokter anda?

Kunjungilah dokter jika Anda merasa pusing yang berlebihan sehingga menyebabkan Anda kehilangan keseimbangan, terutama jika Anda juga memiliki gejala lain seperti pingsan atau sakit kepala. Dokter pada awalnya akan memeriksa kondisi pusing yang Anda alami dan memastikan apakah Anda mengalami vertigo atau jenis pusing lain yang membuat sekeliling Anda seakan berputar dan merupakan jenis pusing yang parah. Selain itu, dokter juga akan mencari tahu beberapa hal berikut:

  1. Apakah pusing yang Anda alami dimulai tanpa alasan yang jelas?
  2. Apakah Anda merasakan pusing secara berulang-ulang. Jika demikian, kapan Anda cenderung mengalami hal ini?
  3. Berapa lama pusing berlangsung?

Pusing terkadang dapat disebabkan oleh kondisi telinga. Sebuah cara sederhana untuk membedakan antara pusing yang disebabkan oleh kondisi telinga dan pusing karena penyebab lain adalah dengan menentukan apakah pusing tersebut terjadi ketika Anda tegak atau ketika Anda berbaring. Pusing yang terjadi ketika Anda tegak mungkin tidak berhubungan dengan telinga, namun pusing yang terjadi ketika Anda berbaring biasanya disebabkan oleh infeksi telinga dan tidak dapat diobati dengan antibiotik.

Penyebab paling umum terjadinya pusing adalah sebagai berikut:

1. Labyrinthitis

Labyrinthitis adalah infeksi telinga bagian dalam yang mempengaruhi pendengaran dan keseimbangan sehingga dapat menyebabkan bentuk parah dari pusing yaitu vertigo.

2. Migrain

Pusing mungkin datang sebelum atau setelah sakit kepala atau bahkan tanpa sakit kepala sekalipun.

3. Stres atau kecemasan

Kecemasan yang berujung pada stres diketahui juga dapat menjadi salah satu penyebab pusing.

4. Tingkat gula dalam darah (hipoglikemia)

Penyebab jenis ini biasanya terlihat pada orang penyandang diabetes.

5. Hipotensi postural

Hipotensi postural adalah keadaan dimana tekanan darah menurun secara seketika ketika Anda duduk atau berdiri secara tiba-tiba dan akan hilang setelah berbaring. Hal ini lebih sering terjadi pada orang yang memiliki usia lebih tua.

6. Dehidrasi atau kelelahan karena panas

Dehidrasi bisa disebabkan karena tidak tercukupinya cairan untuk tubuh. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya asupan air minum. Selain itu, penyakit yang menyebabkan muntah, diare atau demam juga bisa menyebabkan terjadinya dehidrasi.

7. Insufisiensi vertebrobasilar

Penurunan aliran darah di bagian belakang otak yang mungkin disebabkan oleh pembuluh darah yang mengarah ke otak dari jantung terhalangi atau dikenal sebagai aterosklerosis.

0 Komentar

Belum ada komentar