Sukses

Perawatan Tulang Setelah Menopause

Salah satu gejala menopause yang perlu diperhatikan adalah osteoporosis. Karena itu, perawatan tulang menjadi penting dalam mencegah terjadinya patah tulang.

KlikDokter.com - Menopause merupakan bagian dari periode transisi masa reproduktif ke masa tidak reproduktif. Usia rata-rata menopause berkisar 43-57 tahun, namun tidak ada cara yang pasti untuk memprediksi kapan seorang wanita akan memasuki masa menopause. Selain itu, faktor keturunan juga berperan di sini.

Salah satu gejala menopause yang perlu Anda perhatikan adalah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Karena itu, perawatan tulang menjadi penting dalam mencegah terjadinya patah tulang.

Berikut adalah langkah perawatan tulang pascamenopause yang perlu Anda ketahui:

  • Pola makan seimbang

Menerapkan pola makan yang seimbang merupakan salah satu cara perawatan tulang yang utama. Jangan lupa, tingkatkan asupan kalsium dan vitamin D dari makanan atau suplemen makanan.

  • Olahraga teratur

Perawatan tulang selanjutnya adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Olahraga dapat memperlancar sistem peredaran darah dan menjaga tulang tetap kuat. Bahkan berjalan kaki selama 20-30 menit per hari akan membantu perawatan tulang pasca menopause.

  • Suplemen kalsium dan vitamin D

Perawatan tulang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D, jika Anda tidak mendapatkan sumbernya dari makanan.

  • Paparan sinar matahari

Dengan mendapat paparan sinar matahari minimal 15 menit setiap hari, ditambah dengan mengonsumsi makanan yang tepat dan berolahraga secara rutin, maka dapat membantu perawatan tulang Anda menjadi lebih optimal.

  • Hindari merokok dan alkohol

Berapa banyakkah batang rokok atau gelas alkohol yang Anda konsumsi per hari? Hati-hati, rokok dan alkohol dapat membuat tulang Anda mudah keropos!

0 Komentar

Belum ada komentar