Sukses

Protein Kedelai Berkhasiat Mencegah Osteoporosis

Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, osteoporosis atau tulang keropos dapat dicegah sejak dini.

KlikDokter.com - Osteoporosis memang tidak bisa disembuhkan secara total, namun Anda bisa mencegah osteoporosis sedari dini dengan mengurangi faktor risikonya. Selain olahraga, diet yang benar memegang peran penting dalam pencegahan osteoporosis, termasuk mengonsumsi kedelai.

Kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang banyak terdapat di Asia Timur. Kedelai dianggap sebagai protein lengkap karena mengandung semua asam amino esensial. Manfaat kedelai ditemukan pada negara-negara seperti Cina dan Jepang, di mana masyarakatnya lebih kecil terkena penyakit jantung, osteoporosis, kanker payudara, dan kelenjar prostat.

Penelitian baru menunjukkan bahwa mengonsumsi protein kedelai dari makanan atau suplemen kedelai dapat membantu melindungi wanita dari osteoporosis. Setelah menopause, perempuan menjadi lebih mungkin terkena tulang rapuh atau osteoporosis. Hal ini dikarenakan tubuh mereka kurang mendapatkan estrogen.

Makanan kaya kedelai seperti kacang merah, kacang fava, buncis, tahu, dan tempe mengandung zat yang dinamakan isoflavon. Struktur dan fungsi isoflavon mirip dengan estrogen. Tim peneliti dari University of Hull, Inggris, menemukan bahwa protein kedelai dan isoflavon adalah pilihan aman dan efektif untuk meningkatkan kesehatan tulang selama menopause dini.  

Mereka juga menyebutkan bahwa wanita yang mengonsumsi protein kedelai dengan isoflavon, lebih sedikit mengalami risiko penyakit jantung, dibandingkan mereka yang memakan kedelai saja.

0 Komentar

Belum ada komentar