Sukses

Mau Tulang Kuat? Konsumsi Ini Saat Sarapan

Memiliki tulang yang kuat dan sehat merupakan idaman semua orang. Untuk mendapatkannya, pastikan konsumsi makanan Anda saat sarapan tepat dan bergizi seimbang.

KlikDokter.com - Tulang yang kuat tentu tidak datang dengan sendirinya. Dibutuhkan asupan nutrisi yang tepat serta berolahraga secara rutin untuk mendapatkan tulang yang kuat.

Jika Anda telah didiagnosis menderita osteoporosis, Anda memerlukan banyak nutrisi penting seperti kalsium dan vitamin D. Selain makan siang, sarapan merupakan waktu terbaik untuk memberikan “makanan” bagi tulang Anda.  

Menu sarapan berupa serealia dapat memberikan Anda setengah dari kalsium yang Anda butuhkan sepanjang hari. Anda juga bisa mengonsumsi secangkir serealia dengan susu dan segelas jus jeruk, dan jika hal ini dibiasakan, maka akan mempengaruhi kesehatan tulang Anda.

Berikut ini menu sarapan untuk tulang yang kuat, serta kandungan kalsiumnya:

Menu

Kandungan Kalsium (mg)

Serealia dengan fortifikasi kalsium, 1 cangkir

100-1000

Susu kedelai dengan fortifikasi kalsium, 8 ons

80-500

Susu (nonfat, whole, atau lactose-reduced), 1 cangkir

300

Yoghurt, 1 cangkir

300-400

Jus jeruk dengan fortifikasi kalsium

200-340

Jika Anda tidak terbiasa sarapan dengan makanan di atas, Anda dapat mencobanya untuk makan siang, makan malam, atau sebagai camilan. Membuat telur dadar dengan menambahkan keju, sayuran, dan salmon juga dapat memberikan nutrisi untuk tulang yang kuat.

Di bawah ini contoh makanan kaya kalsium yang dapat dikonsumsi saat makan siang, makan malam, atau sebagai camilan:

Menu

Kandungan Kalsium (mg)

Sarden Kaleng, 3 ons

320

Keju Swiss, 1 ons

270

Keju Cheddar, 1 ons

200

Salmon Kaleng, 3 ons

200

Lobak Hijau, 1 cangkir

200

Kale Masak, 1 cangkir

90

Brokoli Mentah, 1 cangkir

90

Jika Anda tidak sempat membuat makanan di atas, Anda dapat membeli makanan kemasan yang ada di swalayan. Namun, tetap perhatikan kandungan nutrisi pada labelnya agar dapat memberikan nutrisi untuk tulang yang kuat.

Kalsium pada makanan kemasan akan tercantum dalam %, berdasarkan standar dari 1000 miligram kalsium per hari. Jadi, untuk mencari tahu berapa banyak kalsium dalam makanan kemasan, Anda cukup menambahkan nol dengan persentase kalsium yang Anda lihat pada label. Misalnya kandungan kalsium serealia 50%, maka serealia tersebut memiliki 500 miligram kalsium setiap porsinya.

0 Komentar

Belum ada komentar