Sukses

Takut Sinar Matahari Bikin Tulang Cepat Keropos?

Tulang keropos yang terjadi secara dini bisa dipicu oleh beberapa hal, salah satunya berkaitan dengan sinar matahari.

KlikDokter.com - Osteoporosis atau tulang keropos merupakan penyakit dengan beragam kompleks yang belum diketahui penyebabnya, tetapi banyak faktor risiko yang berkontribusi terhadap penyakit ini.

Faktor risiko terjadinya tulang keropos meliputi riwayat keluarga yang terkena tulang keropos, jenis kelamin perempuan, ras, penggunaan obat-obatan tertentu dalam jangka panjang, merokok, kekurangan asupan kalsium atau vitamin D, dan lain-lain.

Karena kesehatan tulang dipengaruhi oleh tiga elemen utama yang saling berinteraksi (diet, estrogen, dan aktivitas fisik), maka tidak ada istilah terlalu dini atau sudah terlambat untuk mencegah serangan tulang keropos.

Pastikan Anda mendapat kecukupan asupan kalsium dari makanan dan suplemen, olahraga yang memberikan beban (weight-bearing), dan jika dibutuhkan, mengonsumsi obat yang mencegah tulang keropos. Diet bersama aktivitas fisik dan olahraga memainkan peranan yang utama dalam pencegahan osteoporosis atau tulang keropos.

Lantas, di manakah peran sinar matahari dalam mencegah tulang keropos?

Sebagai sumber utama vitamin D, sinar matahari dapat merangsang produksi vitamin D pada tubuh. Vitamin D merupakan nutrisi yang vital bagi kesehatan, terutama untuk menjaga kesehatan tulang dan membantu mempertahankan cadangan vitamin D agar tidak terjadi tulang keropos.

Dengan mendapat paparan sinar matahari minimal 15 menit setiap hari, sekitar pukul 10.00-14.00 WIB (dengan menghindari periode puncak paparan UV dari sinar matahari), ditambah dengan mengonsumsi makanan yang tepat dan berolahraga secara rutin, maka osteoporosis dapat dicegah sedini mungkin.

0 Komentar

Belum ada komentar