Sukses

Kunci Mencegah Patah Tulang pada Penyandang Osteoporosis

Jika Anda memiliki osteoporosis, waspadalah dengan risiko terjadinya patah tulang. Bagaimana cara menghindarinya?

KlikDokter.com - Osteoporosis dapat muncul tanpa gejala, dan biasanya Anda menyadari terkena osteoporosis ketika telah mengalami patah tulang. Patah tulang dapat terjadi di lokasi manapun pada tubuh Anda, seperti tulang belakang, tulang pinggul, dan lain sebagainya.

Patah tulang karena osteoporosis dapat menyebabkan nyeri yang cukup parah, penurunan kualitas hidup, bahkan kecacatan. Biasanya pasien yang menderita patah tulang akan memerlukan perawatan jangka panjang di rumah sakit.

Lantas, bagaimana mencegah agar tidak terjadi patah tulang pada mereka yang memiliki osteoporosis?

  • Hindari memakai alas kaki yang licin. Penyebab utama patah tulang pada penyandang osteoporosis adalah akibat jatuh. Dengan memakai alas kaki yang tidak licin, maka akan terhindar dari risiko patah tulang akibat jatuh.
  • Perhatikan jenis keramik kamar mandi. Pilihlah keramik kamar mandi yang berserat sehingga tidak licin.
  • Hindari olahraga berat yang bisa mencederai tulang yang sudah rapuh. Oleh karena itu, setiap latihan fisik yang ingin dilakukan sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter.
  • Konsumsi suplemen kalsium atau makanan yang mengandung kalsium secara cukup (tidak berlebihan).
  • Konsumsi suplemen yang mengandung vitamin D atau berjemur di bawah sinar matahari. Jika kurang vitamin D, maka akan menyebabkan osteomalasia (tulang menjadi rapuh) yang selanjutnya dapat meningkatkan risiko patah tulang.
  • Terapi hormon menopause telah terbukti dapat mencegah patah tulang dan keropos tulang. Terapi ini umumnya mengandung hormon estrogen dan progesteron.

Dengan menerapkan kiat-kiat di atas, diharapkan patah tulang pada penyandang osteoporosis dapat dicegah.

0 Komentar

Belum ada komentar