Sukses

Sepatu Hak Tinggi Bisa Picu Radang Sendi

Demi menunjang penampilan, banyak wanita rela menahan sakit dengan mengenakan sepatu hak tinggi. Namun, berhati-hatilah dengan efek sampingnya!

KlikDokter.com – Mengenakan sepatu hak tinggi memang dapat menunjang penampilan Anda. Tetapi, apabila digunakan terus-menerus dalam jangka waktu tertentu, dampaknya sangatlah tidak menyenangkan karena dapat menimbukan nyeri pada kaki, otot betis, dan jari kaki. Selain itu, pemakaian sepatu hak tinggi dalam jangka panjang juga dapat meningkatkan risiko radang sendi.

Bagaimana mekanismenya? Pada kaki manusia terdapat 26 tulang. Ketika memakai sepatu hak tinggi, posisi tulang-tulang tersebut berubah, begitu pula dengan postur tubuh, posisi lutut, punggung dan panggul. Ketika berjalan dengan sepatu hak tinggi, berat badan seseorang akan didistribusikan ke depan, sehingga persendian bekerja lebih keras untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Sebuah studi dari Stanford University yang dipublikasikan tahun 2015 menunjukkan bahwa lutut wanita yang berjalan menggunakan sepatu hak tinggi akan berada pada posisi yang tidak normal. Selain itu, perubahan yang terjadi pada sendi lutut mereka ketika bergerak serupa dengan perubahan sendi pada individu yang mengalami penuaan dan osteoartritis.

Agar risiko kesehatan dapat dikurangi akibat pemakaian sepatu hak tinggi, kurangilah waktu pemakaian sepatu hak tinggi. Hindari penggunaannya setiap hari. Pilih sepatu berhak rendah, nyaman, atau sepatu yang suportif bagi bentuk kaki ketika harus berdiri atau berjalan dalam waktu lama. Anda dapat menggunakan bantalan tambahan pada telapak kaki atau sekitar kaki.

Untuk mencegah radang sendi, yang juga penting adalah menjaga berat tubuh tetap ideal dan berolahraga secara teratur untuk membuat otot penyangga di sekitar sendi tetap kuat dan sehat, sehingga sendi dapat bekerja secara normal.

0 Komentar

Belum ada komentar