Kesehatan Anak

9 Langkah untuk Menenangkan Si Kecil yang Sakit

Klikdokter, 08 Des 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tidak hanya dengan obat-obatan, kasih sayang Anda juga sama pentingnya untuk membuat Si Kecil cepat pulih.

9 Langkah untuk Menenangkan Si Kecil yang Sakit

KlikDokter.com – Ketika Si Kecil sakit, biasanya ia menjadi agak rewel meskipun sudah diberikan makan dan obat. Hal ini bisa terjadi karena hidungnya mungkin tersumbat, atau tubuhnya kurang enak akibat mengalami dehidrasi. Untuk membantu Si Kecil merasa tenang sehingga bisa cepat pulih, Bunda dapat menerapkan beberapa langkah berikut ini:   

1. Memberikan air yang cukup

Pastikan Si Kecil mendapat air yang cukup untuk menghindari dehidrasi. Jika Bunda masih menyusui, berikanlah ASI. Namun, jangan memberikan air terlalu banyak apabila Si Kecil masih berusia di bawah 8 bulan, karena ginjalnya belum cukup sempurna untuk menampung terlalu banyak air. ASI dan susu formula merupakan cairan terbaik untuk anak usia 6-12 bulan. Bila jumlah urine Si Kecil tidak seperti biasanya atau ia terlihat letih dan dehidrasi, segeralah hubungi dokter.

2. Memperbanyak waktu istirahat

Bantu Si Kecil untuk tidur lebih awal; jika bisa, sedikit paksakan ia untuk beristirahat. Hindari kegiatan yang dapat menstimulasi Si Kecil, atau bahkan membuatnya terpapar kuman.

3. Memberikan semprot hidung

Apabila hidung Si Kecil tersumbat, berikan semprot hidung dari larutan garam yang bisa dibeli di apotek terdekat. Teteskan sebanyak dua kali pada masing-masing lubang hidung sebelum makan dan tidur, atau di saat hidung Si Kecil mampat.

4. Menggunakan penyedot ingus

Setelah diberikan semprot hidung dari larutan garam, gunakan penyedot ingus untuk membuang lendir dari hidung Si Kecil, sehingga ia dapat bernapas dengan lebih mudah. Bersihkan lubang hidungnya sebanyak dua hingga tiga kali sehari.

5. Memilih humidifier (alat pelembab udara) yang tepat

Pelembab udara yang hangat atau dingin? Apabila hidung Si Kecil tersumbat, pertimbangkan untuk memilih pelembab udara yang dingin, karena dapat membantu melegakan hidungnya yang mampat. Jagalah pelembab udara tetap bersih dan isi dengan air segar setiap hari untuk mencegah jamur serta bakteri.

6. Mandi air hangat

Mandi air hangat tidak hanya menenangkan, tetapi juga dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri. Selain itu, uap dari air hangat mampu mengurangi penyumbatan di hidung akibat lendir berlebih. Keringkan Si Kecil segera setelah mandi untuk mencegahnya menggigil. 

7. Meninggikan posisi kepalanya

Tinggikan sedikit posisi kepala Si Kecil dengan menggunakan bantal tambahan. Hal ini dapat membuat Si Kecil lebih mudah bernapas, serta mengurangi peradangan pada rongga hidung.

8. Memberikan perhatian dan kasih sayang

Hal terbaik yang bisa Bunda berikan untuk Si Kecil yang sakit adalah perhatian dan kasih sayang. Peluklah ia sebelum tidur. Berikan juga pijat bayi sembari mengajaknya mengobrol (meskipun ia belum mengerti), atau menyanyikannya sebuah lagu. Suara Anda tentu akan membuat Si Kecil lebih rileks dan tenang.

9. Menyajikan makanan yang enak dan memadai

Selama proses penyembuhan, makanan yang diberikan pada Si Kecil harus enak (untuk ukuran anak), mudah dimakan (lunak atau cair), mudah dicerna, serta bergizi dan kaya energi. Untuk MPASI, Bunda dapat memberikannya bubur tim lumat ditambah dengan makanan seperti kuning telur, ayam, ikan, tempe, tahu, daging sapi, wortel, dan bayam. Bunda bisa membuat bubur tim sendiri atau membelinya dalam bentuk MPASI kemasan.

Pulihkan kesehatan Si Kecil dengan makanan bergizi seimbang yang ada pada Milna.

Milna memiliki rangkaian produk yang diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi usia 6 bulan hingga 12 bulan, yang terdiri dari:

- Milna Biskuit Bayi (Untuk usia 6 bulan ke atas)

Keunggulan:

- Kalsium untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi

- Vitamin C & E berperan sebagai antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh

- Zat besi merupakan mineral penting untuk pembentukan sel otak

- 11 vitamin & 5 mineral untuk menunjang pertumbuhan

- Milna Bubur Bayi (Untuk usia 6 bulan ke atas)

Keunggulan:

- Omega 3 & 6 untuk mengoptimalkan perkembangan otak

- Kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi

- Zat besi merupakan mineral penting untuk pembentukan sel otak

- 12 vitamin & 10 mineral untuk menunjang pertumbuhan

- Milna Toddler Biscuit (Untuk usia 12 bulan ke atas)

Biskuit yang diperkaya dengan kalsium dan DHA untuk menunjang kecerdasan Si Kecil. Terdiri dari dua rasa, yakni keju dan cokelat.

- Milna Toddler Instant Pudding (Untuk usia 12 bulan ke atas)

Puding instan bergizi yang tinggi kalsium dan tanpa bahan pengawet. Tersedia dalam rasa cokelat dan stroberi.

sakitSi kecilSerba-Serbi Makanan BalitaSi Kecil Yang SakitMenenangkan Si Kecil Yang SakitYang SakitLangkan Untuk Menenangkan Si Kecil

Konsultasi Dokter Terkait