Sukses

5 Alasan Mengapa Diet Anda Gagal

Sudah mati-matian diet, tapi angka timbangan tidak juga turun? Di mana letak salahnya?

Slim & Fit

KlikDokter.com – Diet memang tidak mudah. Dibutuhkan komitmen yang tinggi untuk mematuhi semua aturannya. Namun, jika Anda merasa telah berdiet dengan benar tapi berat badan tidak kunjung turun, bisa jadi diet yang Anda jalani salah atau tidak cocok untuk diri Anda. Berikut adalah 5 hal yang bisa membuat diet Anda gagal:

Mitos: Melewatkan makan dapat menurunkan berat badan

Fakta: Melewatkan sarapan sering kali dilakukan bagi Anda yang sedang berdiet agar berat badan dapat turun dengan cepat. Namun jika tujuan Anda adalah untuk diet menurunkan berat badan, sebaiknya jangan melewatkan jam makan. Membatasi diri Anda justru akan membuat Anda akan makan lebih banyak dari biasanya pada waktu makan berikutnya. 

Mitos: Hindari karbohidrat

Fakta: Jangan makan nasi karena berat badan bisa meningkat. Nasi kerap dianggap sebagai biang keladi peningkatan berat badan. Anda pun mati matian menghindari nasi saat sedang diet. Sebetulnya menghindari karbohidrat sama sekali justru akan membuat Anda menjadi mudah lelah dan lemas karena kekurangan sumber energi. Cobalah ganti karbohidrat Anda menjadi bentuk yang lebih sehat seperti beras merah atau roti gandum dibandingkan nasi putih atau roti putih yang biasanya Anda makan.

Mitos: Semua lemak adalah "jahat" bagi Anda yang sedang berdiet

Fakta: Cobalah untuk hilangkan jauh-jauh pandangan ini. Ya, memang betul beberapa jenis lemak dapat meningkatkan bobot tubuh Anda, misalnya lemak jenuh dan trans fat yang terdapat pada makanan bersantan, produk olahan susu, makanan yang digoreng, dsb. Namun ada pula lemak yang esensial bagi tubuh, contohnya minyak zaitun yang merupakan bentuk lemak tak jenuh atau lemak baik. Minyak zaitun juga terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Mitos: Hindari minum susu dan produk olahannya karena membuat gemuk

Fakta: Menghindari minum susu atau produk olahannya saat sedang berdiet justru akan membuat Anda kehilangan sumber kalsium, protein dan nutrisi penting yang lain. Tentu ketika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, sebaiknya pilihlah produk susu atau olahannya yang rendah lemak.

Mitos: Banyak minum air putih untuk menurunkan berat badan

Fakta: Minum air putih sangat dianjurkan dari sisi medis, terlebih jika Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan. Namun, Anda tidak akan menjadi kurus hanya dengan minum air putih yang banyak tanpa diet dan olahraga. Anda memang perlu minum air putih secara teratur untuk menjaga hidrasi tubuh, tapi jangan jadikan itu sebagai kunci utama untuk menurunkan berat badan.

0 Komentar

Belum ada komentar